Detak-Palembang.com – MUSI RAWAS – Wakil Bupati Kabupaten Mura Hj Suwarti Burlian secara langsung membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK),tingkat Kabupaten Mura tahun 2022 yang digelar pada Hotel Dewinda Lubuklinggau.

Turut hadir dalam acara kegiatan tersebut,Kepala Badan Pusat Statistik (BPS),Kepala Bappeda,Kadis Kominfo ,Kepala OPD,Badan,Polri,TNI hingga Camat.

Wakil Bupati Mura Hj Suwarti menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama bahwa masakallah perlindungan sosial yang diberikan kepada masyarakat,sangat tergantung dari basis data yang digunakan.

Sebab bantuan sosial itu sebagai bantuan perlindungan sosial,maka dari itu bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat harus tepat sasaran dan betul-betul diberikan terhadap masyarakat yang membutuhkan.

” Sehingga terwujudlah kesejahteraan masyarakat dalam menunjang program pemerintah daerah Kabupaten Mura sendiri,”kata Wabup.

Wabup juga menjelaskan untuk pelaksanaan Resosek tingkat Kabupaten Mura di tahun 2022 yang dimulai sejak tanggal 15 Oktober hingga 14 November ini, merupakan amanah yang diberikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terhadap Bps.

Dengan melalui Intruksi Presiden (Inpres) nomor 4 tahun 2022,sebagai suatu solusi untuk mendapatkan basis data yang akurat dan terkini sehingga polemik terkait data perlindungan sosial bisa teratasi dengan cepat.

Regsosek ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan satu data kependudukan Indonesia,untuk itu diharapkan kepada seluruh stakeholder yang ada agar bekerjasama untuk saling berbagi dan memanfaatkan serta menghubungkan regsosek dengan berbasis data di masing-masing institusi.

Mulai Data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan Pendataan Keluarga (PK),

Supaya dapat menghasilkan data ketenagakerjaan dan UMKM yang dapat digunakan sebagai perencanaan untuk pembangunan lebih lanjut,karena kegiatan regsosek ini merupakan langka strategis yang tepat dalam perencanaan pembangunan kedepannya.

” Oleh karena itu mari kita semua membantu Bps Kabupaten Mura sesuai dengan Kewenangan masing-masing untuk mensukseskan program regsosek ini,”jelas Wabup.

Dilanjutnya lagi selaku wakil Bupati Mura sangat mendukung dengan adanya kegiatan regsosek ini,dan siap membantu apa yang dibutuhkan Bps Kabupaten Mura untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan dilapangan.

Saya juga berharap kepada seluruh camat,Lurah hingga Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Mura agar ikut turut serta mendukung dan membantu mensukseskan program dari Bps Kabupaten Mura.

Begitu juga bagi seluruh kepala OPD untuk dapat membantu Bps minimal dengan mengintruksikan kepada seluruh pengawai untuk menerimah petugas Bps yang akan mendatangi kerumah-rumah masyarakat masing-masing.

” Selain itu juga di kepada masyarakat untuk menerima petugas Bps jika didatangi dan berikanlah jawaban yang tepat serta sebenar-benarnya demi mewujudkan data yang akurat,”harap Wabup.

Kepala BPS Kabupaten Mura Dodi Fahlevi menambahkan digelarnya kegiatan hari ini untuk tingkatan awal dalam penyelenggaraan pendataan bagi masyarakat.

” Selain itu juga sebagai upaya memperbaiki dan menginformasikan segala macam bentuk program perlindungan sosial, khususnya bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Mura,”ucap Daniel.

Ia menerangkan untuk kegiatan pelatihan bagi petugas Bps Kabupaten Mura sudah dimulai sejak tanggal 15 Oktober hingga bulan November mendatang.

” Dengan peserta sebanyak 186 orang yang ada di wilayah 14 Kecamatan dan 186 Desa, mudah-mudahan kedepan dapat berkolaborasi serta saling mendukung mensukseskan program Bps,”cetusnya.(Zul)