Detak-Palembang.com – Palembang , Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Ir. S.A Supriono menghadiri Serah terima PLTGU Palembang Timur 1 x 150 MW yang sebelumnya dikelola oleh PT. Asrigita Prasarana diserahkan kepada PT. Sumbergas Sakti Prima (SSP) Group. (Jl. Krio Rozali Desa Merah Mata, Kec. Banyuasin I, Senin, 5/12/2022)

Melalui sambutannya Sekda mengatakan bahwa pasokan listrik di Indonesia menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi, hal tersebut dapat disuplai oleh BUMN maupun Badan usaha milik swasta dalam menyediakan kebutuhan listrik masyarakat.

“Hal ini yang telah dilakukan oleh PT. SSP dalam menyediakan listrik untuk kebutuhan masyarakat Indonesia”, ucap Sekda.

Sekda juga menambahkan bahwa masih banyak sumber daya alam yang ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia. Ia berharap semoga kedepannya Indonesia dapat memanfaatkannya untuk mempercepat realisasi green energy di Indonesia.

Sementara itu Sekretaris Dirjen Ketenaga Listrikan Kementerian ESDM, Ida Nuryatin Finahari mengucapkan selamat kepada PT. SSP Group yang saat ini telah menerima seutuhnya pengelolaan PLTGU Palembang Timur 1 x 150 MW.

“Kami menyambut baik dengan acara hari ini, kami juga memberikan selamat kepada PT. SSP yang mengambil alih 100 persen dari PT. Asrigita Prasarana. Saya berharap semoga kedepannya PT. SSP dapat memberikan dukungan yang lebih optimal dalam pencapaian target – target transisi energi”, ucapnya.

Mengenai Power Purchase Agreement (PPA) yang akan berakhir, Ia mengatakan bahwa perpanjangan PPA bisa dilakukan secara be to be. Ia juga menegaskan untuk proses negosiasi harus dilakukan secepatnya jangan menunggu diakhir kontrak.

Selanjutnya Sekda beserta Para Pendamping menyaksikan penyerahan kunci emas, simbolis dari perpindahan pengelolaan dari PT. Asrigita Prasarana ke PT. SSP Group.

Turut hadir Kadis Kominfo , H. Achmad Rizwan, S. STP, MM, Kadis ESDM Hendriansyah, ST, M.Si, President Commisioner PT. SSP Group, Dewi Kam, Counsellor Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok, Wu Zhi Wei.