Detak-Palembang.com – Palembang , Sekda Prov. Sumsel, Ir. SA Supriyono membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan V Prov. Sumsel Tahun 2022 di Ballroom The Zuri Hotel Palembang. (Senin, 29/8/2022)

Dikesempatan tersebut Sekda menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan bahwa pelatihan dilaksanakan untuk mempersiapkan para ASN yang memiliki integritas kerja yang baik, khususnya untuk pembekalan bagi para CPNS dalam memasuki pintu pertama sebagai ASN.

“Negara sudah mengeluarkan biaya yang cukup banyak dimulai dari rekrutmen sampai kalian duduk disini. Dalam kurun waktu yang lama, pelatihan ini hanya dianggap untuk melengkapi administratif saja. Saya harap pandangan ini dapat diubah, karena pelatihan ini penting dalam rangka mengenalkan dan memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi masing – masing ASN”, tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa ASN dan CPNS harus dapat melepaskan diri dari lingkungan yang egosentris menjadi pribadi yang bertugas sebagai pelayan publik.

“Yang menjadi tugas kalian ialah memberikan inovasi dalam berbagai sektor, khususnya dalam memanfaatkan energi terbarukan agar dapat dimanfaatkan lebih baik dan Indonesia tidak akan pernah kuatir akan kehabisan energi”, ucapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN LAN RI, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos, M.A menyampaikan bahwa pemerintah pada tahun 2024 mempunyai visi yaitu menghasilkan birokrasi yang berkelas dunia.

Terkait hal tersebut, ia mengatakan bahwa birokrat harus diisi dengan ASN – ASN yang smart, menguasai teknologi, bahasa asing dan berjiwa enterpreanure agar visi yang dicanangkan dapat terwujud.

Dikesempatan yang sama Kepala BPSDMD Provinsi Sumsel, Hj. Tarbiah Yahya, S.Pd, MM melaporkan bahwa total jumlah peserta pelatihan sebanyak 197 Orang terdiri dari Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan V ( 37 orang ) dan
Pelatihan Dasar CPNS Golongan II & III ( 160 Orang ).