Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ir H Akhmad Bastari ST, MT, IPM,

Detak-Palembang.com – Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkot Palembang menyatakan, dari 1400 ruas jalan di Palembang dalam persentase 83 % mantap alias kondisi baik.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ir H Akhmad Bastari ST, MT, IPM, Kamis (7/7/2022).

“Alhamdulillah dari 1400 ruas jalan di Kota Palembang yang menjadi kewenangan pemerintah Kota Palembang sudah 83 persen dalam kondisi mantap,”katanya

“Sisanya hanya 17 persen akan kita lakukan perbaikan dan peningkatan dianggaran tahun 2022-2023, insya Allah target kita tahun depan lebih dari 90 persen,” ujarnya lagi

Di samping itu juga lanjut Bastari, pemerintah kota Palembang juga dibantu melalui Bantuan Gubernur (Bangub) untuk perbaikan jalan provinsi dan bantuan dari balai besar untuk jalan nasional.

Diakuinya, capaian realisasi perbaikan melampaui target dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang telah ditetapkan yakni 73 persen.

“Tapi melalui Bangun dan Dana Alokasi Khusus (DAK), Alhamdulillah bisa mencapai 83% dan melampaui target,” ungkapnya.

Bastari mengatakan, total ruas jalan kota ada 690 KM, jalan provinsi 93 km dan jalan Nasional panjangnya 110 km. Dari total panjang ruas jalan Kota, 567 dalam kondisi baik atau 83% sisanya hanya 17% saja yang membutuhkan peningkatan jalan. Untuk anggaran tahun ini APBD sebesar Rp120 miliar, kemudian Bangun Rp47 miliar dan DAK Rp6 miliar.

“Target 2023 kita bisa mencapai 90 persen,” harapnya.

Untuk ruas jalan yang menjadi prioritas tambah Bastari, jalan yang dilintasi kendaraan umum, jalan yang menuju pusat-pusat kegiatan, seperti sekolah, pemerintahan dan pusat-pusat ekonomi jalan menuju pemukiman penduduk.

“Ini yang menjadi prioritas utama kami. Yang sudah jalan saat ini juga ada di Jalan Sulaiman amin dan Talang Buruk lanjutan, kemusian kontrak di akhir Juli Jalan KH Azhari dan Tanjung Harapan dan ruas jalan yang tersebar di Kota Palembang,”pungkasnya