Pol PP dan Wako terlihat saat melakukan sweeping mencari pelanggar Prokes

Detak-Palembang.com – Masyarakat harus taat menerapkan protokol kesehatan, (Prokes) selama beraktivitas. Pasalnya kalau tidak siap-siap kalian terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang Penegakkan Peraturan Sat Pol PP Kota Palembang, Budi Norma, mengatakan, sejak Senin lalu pihaknya telah melaksanakan razia.

“Razia ini sesuai arahan Pak Wali Kota, guna meningkatkan kesadaran kepada masyarakat Kota Palembang, dan juga memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Budi, Kamis (9/2/2022).

Ia menerangkan, tim razia dibagi lima tim, yang akan menyebar di sejumlah titik di seluruh kecamatan, terutama di area publik dan titik keramaian.

“Terutama di pasar, dan mal, juga di destinasi wisata seperti Sekanak Lambidaro,” Budi menyebutkan.

Menurut dia, kesadaran masyarakat Palembang untuk tetap disiplin protoko kesehatan sudah cukup baik.

“Banyak yang tetap pakai masker dan menjaga jarak,” ujar Budi.

Karena sifatnya persuasif atau ajakan untuk mengedukasi, tidak ada sanksi yang diberlakukan.

“Mereka yang gak pakai masker ya kita bagikan masker. Dan juga kita himbau agar jangan ada keumunan,” kata Budi pula.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan pihaknya memang telah meminta Satpol PP dan tim satgas yang ada di tingkat kelurahan untuk saat ini gencar melakukan razia prokes.

“Belakangan ini kasus terus meningkat. Karenanya kita meminta agar bisa menekan penyebaran kasus ini. Dengan gencar razia, setidaknya mampu menekan kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Dewa.