Detak-Palembang.com – PALEMBANG , Penganugerahan Inovator Sumatera Selatan digelar Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) di Griya Agung Palembang yang dihadiri Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H. Teddy Meilwansyah serta didampingi Kepala Balitbangda Sumsel, Dr. Drs. Alamsyah, M.Pd pada Kamis, (08/12/2022).

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyampaikan, bahwa hal terpenting dalam sebuah inovasi adalah kebermanfaatannya.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Sumsel memberikan piala dan piagam penghargaan kepada para inovator, baik perorangan atau pun kelembagaan. “Ini penting, karena dengan begitu diharapkan kita lebih siap menghadapi kemajuan zaman,” ungkap Gubernur Sumsel.

Menurut Herman Deru, era digital seperti saat ini harus diimbangi degan SDM yang inovatif, kreatif, dan dinamis agar daerah tidak tertinggal dari tantangan kemajuan zaman. Oleh sebab itu, Gubernur Sumsel menekankan “One Day Innovation” di Sumsel.

“Inovasi tidak harus besar-besaran, tetapi dimulai dari apa pun. Yang penting ada peningkatan kemanfaatan dalam efisiensi, penghematan, atau segala sesuatu yang lebih membaik dari sebelumnya,” imbuhnya.

Herman Deru berharap, apabila ada inovasi berupa material diharapkan dapat diproduksi secara massal. Dan, jika berupa ide, maka akan dibuat agar ada penularan pikiran yang bermanfaat untuk diimplementasikan melalui kerja sama dengan pihak-pihak tertentu.

Kepala Balitbangda Sumsel, Dr. Drs. Alamsyah, M.Pd menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaring ide dan gagasan yang merupakan kreatifitas masyarakat Sumsel demi kemajuan daerah untuk mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua Melalui Inovasi.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah seleksi melalui lomba inovator Sumsel. Diikuti total 688 peserta. Pemenang terdiri atas 17 kategori yang meliputi antara lain bidang pemdidikan, perkebunan, pertanian, Bumdes, kesehatan, koperasi, UMKM, pengabdian masyarakat, pemerintahan, dan pengembangan keluarga.

Pada kesempatan ini, PJ. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah didampingi Kepala BAPELITBANGDA OKU dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penerima penghargaan asal Kabupaten OKU.

Dengan penghargaan yang diterima ini semoga dapat menjadi penyemangat bagi kita semua untuk terus selalu berinovasi dan dapat memberikan manfaat bagi pribadi maupun orang-orang disekitar kita, khususnya bagi Kabupaten OKU dan Provinsi Sumatera Selatan.

Kabupaten OKU pada Lomba Inovator Sumsel Tahun 2022 ini, mendapatkan penghargaan antara lain, Petani inovatif Agus Sutikno terbaik I dengan judul inovasi budidaya ikan gabus secara intensif upaya menjaga kepunahan dari habitatnya.

Selain itu, terpilih Pujianto dosen inovatif meraih predikat harapan I dari Unbara, sedangkan dari kelompok Masyarakat Umum Inovatif terpilih Nurhayati Budiyanti dengan judul Inovasi Daur Ulang Limbah minyak jelantah menjadi sabun yang bernilai ekonomis.

Untuk juara 1 mendapatkan uang sebesar Rp.2.500.000. Juara 2 mendapatkan Rp.2.000.000, dan juara 3 mendapatkan uang sebesar Rp.1.750.000.

Hadir pula pada acara ini, Ketua TP. PKK Sumsel, Kepala OPD Sumsel dan Bupati/Walikota/mewakili se-Sumsel. (Humas Protokol Pemkab OKU/zal)