Aktifitas petani tambak udang di Kabupaten OKI

Detak-Palembang.com – Petani tambak udang Desa Bumi Pratama Mandira, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten OKI resah. Lantaran selama dua tahun diduga jadi korban pungli oleh oknum perangkat desa setempat.

Hal dikatakan Petani Tambak Udang berinisial PR (50) berharap Gubernur Sumsel Herman Deru turun tangan untuk memikirkan nasib para petani tambak udang di Kabupaten OKI.

“Saya mewakili rekan-rekan meminta Pak Gubernur Sumsel Herman Deru perhatian kepada kami. Karena nasib kami selalu menjadi korban pungli setiap panen harus bayar Rp 18 juta sampai Rp 20 juta,”kata PR meminta namanya diinisialkan saat dibincangi, Jumat (22/7/22)

para petani tambak udang di Kabupaten OKI mengaku jadi korban pungli

“Kalau tidak kami tidak boleh lewat dan tidak bisa melakukan jual beli,”ucapnya lagi mengeluh

Dilanjutkannya, total semua petani tambak udang ada sekitar 3 ribuan orang. Semuanya menjadi korban pungli dari oknum perangkat desa.

“Pihak kami juga sepakat akan membawa pungli ini ke rana hukum. Akan kita laporkan karena kami sudah berkoordinasi dengan LBH PAHAM,”pungkasnya

Sementara, Direktur LBH Pusat advokasi Hukum dan Hak Azazi Manusia (PAHAM) Sumsel, Martadinata SH membenarkan adanya masyarakat OKI yang meminta saran mengenai hal ini.

“Kami siap mendampingi warga jika mereka membutuhkan kami dalam pendampingan hukum,” tukasnya.