Detak-Palembang.com – PRABUMULIH – Ratusan petugas lapangan BPS (Badan Pusat Statistik) kota Prabumulih, belakangan ini terus mempertanyakan gaji honornya.

Pasalnya, hingga mendekati akhir bulan November ini, pasca berakhirnya masa kontrak mereka terhitung sejak tanggal 15 November kemarin, sampai sekarang belum mendapatkan kejelasan kapan honor tersebut dibayar.

“Gaji honor kami sampai hari ini belum ada kepastian kak, kapan akan dibayar,” keluh salah satu petugas BPS lapangan, yang minta namanya tidak ditulis, kepada SMSI Prabumulih, pada Senin, 28 November 2022.

Masih dijelaskannya, dirinya bersama ratusan petugas BPS lainnya sudah sering menanyakan gaji honor tersebut, namun sampai saat ini tidak ada kepastian.

“Selalu dijawab mereka, lagi diproses, masa masih proses terus,” ucapnya.

Masih menurut dia, tak hanya petugas lapangan BPS, yang mendapat gaji honor, tetapi juga pihak pemerintahan yang terlibat, mulai dari perangkat RT, Lurah sampai Camat.

“Tapi honornya beda-beda, tidak sama. Bahkan kami di petugas juga beda-beda, tergantung tugasnya. Mulai dari 3,8 jutaan sampai 4 juta lebih kak per orang,” terangnya.

Dilanjutkannya, ada sebanyak 287 petugas BPS yang sampai sekarang belum dibayar honornya, yang terdiri dari Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka), Petugas Pemeriksa Lapangan (PML), dan Petugas Pendataan Lapangan (PPL). “Itu honornya beda-beda,” imbuhnya.

Terakhir, ia berharap pihak BPS segera membayar gaji honor mereka. Sebab, kontraknya sudah selesai, dari tanggal 15 Oktober – 14 November 2022.

“Itu kontrak sudah selesai, harusnyo gaji itu dibayarkan ketika kontrak sudah selesai, tapi sampe hari ini belum ado kepastian gaji sudah dibayarkan apa belum.

Sedangkan dari pihak BPS tidak ada pemberitahuan yang pasti, kapan pastinya gaji dibayarkan,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala BPS kota Prabumulih, Basuki Rahmat SST M.STAT, ketika dikonfirmasi terkait permasalahan tersebut melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa siang tadi hingga berita ini ditayangkan belum memberikan balasan.

Bahkan, saat disambangi di kantornya di Komplek perkantoran Pemkot Prabumulih, km 12, Sindur kecamatan Cambai, Selasa sore (29/11), yang bersangkutan tidak berada di tempat.

Dari informasi pegawai yang ditemui menyebutkan, bahwa Kepala BPS kota Prabumulih bersama sejumlah pejabat lainnya lagi dinas luar ke Palembang.

*Bapak dak katek pak, lagi DL, yang laen jugo samo DL galo pak,” ucap pegawai BPS Prabumulih, singkat, ketika ditemui. (SMSI Prabumulih)