Detak – Palembang.com, Lahat – Orientasi/Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dalam Rangka Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Lahat Tahun 2022, bertempat di Hotel Bukit Serelo.

Pencegahan dan juga Pengentasan Stunting di Kabupaten Lahat, jadi Bapak, Ibu, dan Anak adalah Individu yang utuh sehingga Pemenuhan Hak Tumbuh Kembang Anak harus utuh dan menyeluruh sejak dalam Kandungan dan setelah anak tersebut dilahirkan Inilah yang disebut dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan atau yang biasa Kita kenal dengan 1000 HPK yang meliputi 270 Hari Selama dalam Kandungan dan 730 hari Masa Menyusui sampai dengan Usia 2 Tahun.

1000 Hari Pertama Kehidupan ada kader yang baru silakan diajari Periode ini menjadi sangat penting karena sangat berpengaruh pada Kemampuan Anak untuk Tumbuh Berkembang menjadi Manusia yang Berkualitas dan agar seribu Hari Pertama Kkehidupan (HPK) dapat dilalui dengan baik maka Asupan Nutrisi dan Gizi harus tepat dan Pola Pengasuhan yang baik,

Tidak terpenuhinya Asupan Nutrisi dan Gizi serta Kesalahan dalam Pengasuhan pada Masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Seorang Anak akan berdampak sangat Buruk dan Permanen terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Kemudian Hari ,” sambutan dari Ketua TP – PKK Lidyawati Cik Ujang S.Hut., MM. Senin(25/10).

Sehingga dapat mengganggu Kesejahteraan Anak di Masa depan dan mengingat Begitu Pentingnya Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan(HPK) ini bagi Masa Depan Setiap Anak di Indonesia.

Ada beberapa Desa sempat Mati Suri tapi akan Kita Bina kembali Para Ibu – ibu agar bisa, mendidik Anaknya, membuatkan Buku Sehatnya, bagaimana Ibu, Balita, juga Ibu Hamil bisa Sehat.

” Maka sebagai Bentuk upaya Peningkatan, Pengetahuan Para Pengelola dan Pelaksana Program Bina Keluarga Balita (BKB) dan serta Para Orang Tua khas Asu khususnya yang tergabung dalam Kelompok Kegiatan BKB tentang Seputar 1000 Hari Pertama, Bina Keluarga Balita (BKB) adalah Kegiatan Khusus yang Mengelola tentang Pembinaan Tumbuh Kembang anak melalui Pola Asu yang benar berdasarkan Kelompok Umur ,” tambahnya.

BKB juga Khusus sasarannya untuk Ibu Hamil, dan Balita. Karena Target Kita 1 BKB 1 Desa maka daripada itu Kita adakan Pembinaan, untuk Kadernya agar bisa membina Ibu – ibu, Anggota, BKB di Desanya Masing – masing.

Merupakan Upaya untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesadaran, Keterampilan dan Sikap Ibu serta Keluarga lainnya dalam Membina Tumbuh Kembang Anak Balita melalui Kegiatan Rangsangan Mental, Emosional, Intelektual, Moral, Sosial dengan berbagai Media.

Harapannya BKB tercukup dan berjalan dengan lancar. BKB juga terintegrasi dengan Posyandu, PAUD, dengan BKKBN.

” Agar menjadi Manusia yang berkualitas Untuk itu perlu dilakukan Orientasi dan Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita atau BKB Se – Kabupaten Lahat, mengenai Pola Asuh berdasarkan Kelompok Umur dalam Rangka Upaya Penurunan Stunting di Kabupaten Lahat Tahun 2022, selanjutnya Dengan mengucapkan ” Bismillahirrahmanirrahim” Orientasi dan Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita atau BKB ini mengenai pola asuh berdasarkan Kelompok Umur dalam Rangka Upaya Penurunan Stunting di Kabupaten Lahat Tahun 2022, secara resmi dinyatakan dibuka ,” tutupnya.

(anas)