Detak-Palembang.com – Ada banyak perlengkapan di kamar yang menunjang kenyamanan tidur, contohnya adalah bed cover dan bed sheet. Sekilas keduanya hampir sama, namun ternyata memiliki beberapa perbedaan. Lantas, apa saja yang menjadi perbedaan bed sheet dan bed cover? 

Apakah barang-barang tersebut sudah ada di kamar Anda? Memang kamar tidur merupakan salah satu ruangan dalam rumah yang bisa menggambarkan kepribadian si pemiliknya. Tidak heran jika pemilik kamar tidur menata kamar sedemikian rupa dengan perlengkapan yang dibutuhkan.

Desain kamar juga meliputi banyak hal sekaligus. Mulai dari konsep penataan ruangan, pemilihan warna, perabot, aksesoris, hingga pemakaian pernak-pernik tempat tidur seperti bed sheet, selimut dan bed cover patut menjadi perhatian.

Ketahui Sebelum Beli, Ini Perbedaan Antara Bed Sheet dengan Bed Cover

Ada perbedaan yang cukup mendasar antara bed sheet dan bed cover, terutama dari segi bentuk, bahan dan penggunaan. 

  1. Bentuk dan Ketebalan

Bentuk dan ketebalan bed sheet dan bed cover yang sedikit berbeda menjadikan kedua produk ini selalu ada di setiap kamar tidur. Bed sheet atau yang lebih dikenal dengan sprei merupakan perlengkapan yang dipasang menutupi bantal dan seluruh tempat tidur, bahkan menjuntai hingga ke lantai. Bed sheet ini strukturnya lebih tipis bila dibandingkan dengan bed cover. 

Ada yang mempunyai pinggiran karet, agar mudah saat memasangnya dan menampakkan kesan lebih rapi. Sedangkan bed cover adalah selimut dengan ketebalan tertentu. Bed cover mempunyai dua lapis kain, diisi dengan bahan isian di bagian tengah, yang kemudian dijahit menyatu antara sarung dan bahan isian tersebut. 

  1. Bahan 

Perbedaan bahan yang dipakai bed sheet dan bed cover juga menjadi poin penting untuk mengenalinya. Bahan bed sheet lebih banyak menggunakan bahan kain yang lebih tipis, halus, dan mudah menyerap keringat. Memang bed sheet ini merupakan perlengkapan tempat tidur yang pastinya terkena langsung dengan kulit si pemakai. 

Bed sheet ini juga mudah kotor, sehingga penting pula untuk memilih bahan yang mudah dicuci. Pilihan warna dan motifnya juga lebih terbatas dibandingkan dengan bed cover. 

Untuk bed cover, bahan yang digunakan cenderung lebih tebal dan tahan lama, sehingga tidak perlu terlalu sering dicuci. Motif dan warna bed cover juga lebih bervariasi yang dapat dipilih sesuai selera. 

  1. Fungsi

Perbedaan antara bed sheet dan bed cover juga terletak pada fungsinya. Penggunaan bed sheet dan bed cover yang berbeda bisa dilihat pada kegunaan bed sheet yang hanya mempunyai satu fungsi, yaitu sebagai pelindung dan penutup kasur.

Ketika kasur tertutup bed sheet, maka akan lebih aman dari kotoran dan debu, serta melindungi kulit dari iritasi. Sementara itu, bed cover yang menjadi pelindung kasur juga dapat Anda gunakan sebagai selimut. 

Setelah mempelajari perbedaan bed sheet dan bed cover, lantas bagaimana tips dalam memilih bed sheet tersebut?

  1. Kualitas Bahan

Dalam memilih bed sheet terbaik, pastikan Anda memilih produk yang berbahan lembut, halus, dan nyaman digunakan. Pilih juga bahan yang tidak berbulu agar tidak menjadi sarang penyakit. Pemilihan bahan kain juga hendaknya disesuaikan dengan kondisi ruangan apakah memakai pendingin ataukah tidak. 

  1. Ukuran

Untuk penggunaan bed sheet sebaiknya Anda memilih sesuai dengan ukuran tempat tidur, agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil yang berpotensi mengganggu keindahan. Bed sheet sendiri umumnya dirancang dengan ukuran 180 cm x 200 cm yang disebut king size atau queen size dengan ukuran lebih kecil. 

Pilih pula yang memiliki karet di setiap ujung, untuk mempermudah pemasangan sekaligus membuat tempat tidur lebih rapi. 

  1. Pemilihan Motif dan Warna

Pemilihan motif dan warna ini biasanya disesuaikan dengan minat pemilik kamar tidur. Anda bisa memilih warna cerah, lembut dengan corak ramai. Penentuan corak juga disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak, Anda dapat memilih bed sheet bergambar karakter kartun favorit si kecil dengan warna kesukaannya.

  1. Ketersediaan Dana

Pada akhirnya pemilihan bed sheet juga hendaknya disesuaikan dengan ketersediaan dana. Bed sheet yang berkualitas bagus biasanya memiliki harga cukup mahal. Namun, jika Anda jeli, faktanya banyak pula bed sheet dengan corak, warna, dan bahan berkualitas yang dibandrol dengan harga terjangkau. 

Meskipun penggunaan bed sheet secara kasat mata tidak terlihat karena berada di dalam kamar tidur, namun ada baiknya Anda tetap memilih produk tersebut dengan kualitas terbaik. Faktanya saat ini banyak sekali produk bed sheet, yang ditawarkan dengan berbagai jenis bahan, motif, ukuran sekaligus harga bervariasi. 

Terlebih karena terdapat perbedaan bed sheet dan bed cover yang bisa jadi belum sepenuhnya dipahami. Nah, jika Anda bermaksud membeli Bed Sheet untuk mempercantik kamar tidur, kini Anda bisa membelinya dengan mudah secara online, melalui situs belanja yang ada di Indonesia seperti Blibli. 

Blibli merupakan salah satu tempat belanja online terlengkap, yang menjual berbagai produk kebutuhan, dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Mengapa Anda harus mencari sekaligus membeli bed sheet di situs belanja Blibli? 

Hal tersebut karena Blibli memiliki banyak toko online, yang juga menjual produk bed sheet tersebut. Ketika melakukan transaksi jual beli di Blibli pun, Anda tak perlu merasa khawatir, karena terjamin keamanannya sejak melakukan pemesanan, pengemasan dan pengiriman ke alamat Anda. 

Sistem pembayarannya pun aman, sehingga Anda tak perlu cemas dari kemungkinan tindak penipuan. Jadi, yuk pastikan Anda membeli bed sheet kualitas terbaik dan harga terjangkau hanya di Blibli.