Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang, H Ahmad Zulinto SPd

Detak-Palembang com – Tahun ajaran baru 2022-2023 hanya tinggal menghitung hari. Lalu, kapan hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2022-2023?

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang, H Ahmad Zulinto SPd melalui Kabid SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang Lukman Hakim SH mengatakan, secara garis umum untuk mulai kalender pendidikan (kaldik) di Kota Palembang yaitu Paud, SD, dan SMP dimulai tanggal 14 Juli 2022.

“Tapi untuk guru-guru atau tenaga pengajar masuknya tanggal 11 Juli 2022, karena untuk mempersiapkan calon siswa yang akan masuk,” katanya di kantor Dinas Pendidikan Kota Palembang, Sabtu (9/7/22)

Lukman menuturkan sudah berlakunya full sekolah, artinya 100 persen Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka.

“Untuk jam belajar satu mata pelajaran 40 menit. Jadi masuk sekolah dimulai dari 07.00-12.30 WIB,” ucapnya.

Sekolah saat ini sudah PTM (Pertemuan Tatap Muka) karena telah mendapat izin dari Dinas Kesehatan. Walaupun kondisi sekarang Covid sudah melandai, ia menghimbau agar tetap jalankan prokes (protokol kesehatan).

“Seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan yang paling penting jaga kesehatan siswa,” ujarnya.

Lukman menambahkan untuk siswa dan guru untuk vaksinasinya sudah mencapai di angka 85 persen ke atas.

Sementara itu, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Palembang Zuhdi Bay mengatakan, tahun ajaran 2022-2023 untuk sekarang sudah 100 persen siswa masuk secara tatap muka.

“Karena ada SK Kemendagri bahwa kita sudah di level 1 dan vaksinasi guru dan siswa sudah sampai 85 persen,” ujarnya di dalam ruangannya di lantai 2.

Setiap sekolah memiliki masing-masing kalender pendidikan, ada yang 5 hari kerja tapi full day, dan ada yang 6 hari kerja tergantung dari kalender pendidikan sekolah masing-masing.

“Untuk SMP satu pelajaran 40 menit. Ada yang dari Senin-Jumat dan ada Senin-Sabtu,” ucapnya.

Untuk KBM nya itu ia mengatakan, kembali seperti asal sebelum adanya Covid. Dari jam 07.00-12.30 WIB.

“Kembali seperti biasa dan mengarahkan kepada kepsek (kepala sekolah) tetap terapkan proses yang ketat,” ujarnya.

Zuhdi menambahkan untuk siswa masuk sekolah jatuh hari Kamis 14 Juli 2022 dan untuk guru atau tenaga pengajar jatuh hari Senin 11 Juli 2022.