Detak-Palembang.com PALEMBANG – Berbagai cara dilakukan Gubernur Sumsel H. Herman Deru untuk mensukseskan Sumsel sebagai tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI pertengahan tahun 2022 mendatang. Tak terkecuali dengan menggandeng Crazy Rich Tanjung Priok “Ahmad Sahroni” yang juga pengusaha terkenal sekaligus politisi dari Partai Nasdem.¬†

Menurut Herman Deru, sosok Ahmad Sahroni yang populer di kancah nasional tentu sangat efektif dalam mempromosikan event FORNAS agar diketahui masyarakat luas se antero nusantara. FORNAS ini sendiri merupakan festival olahraga setara PON yang sangat bergengsi. Setidaknya ada 60 cabang olahraga rekreasi yang akan dipertandingkan dalam festival tersebut di Sumsel di antaranya layang-layang, bakiak, bola bekel, dan masih banyak lagi olahraga rekreasi lainnya. 

“Festival ini betul-betul olahraga rakyat. Kalau Bang Roni yang cerita FORNAS di nasional mudah-mudahan orang se Indonesia akan tahu. Kita sangat butuh dukungan ini agar maayarakat se Indonesia ikut kemeriahan acara ini ” jelas Herman Deru usai mengikuti Gowes Fun Ride Bersama Gubernur Sumsel dalam rangka Road to FORNAS VI Tahun 2022 yang mengambil start di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel, Rabu (2/3) pagi. 

Tak hanya FORNAS, dalam kesempatan itu Bapak Infrastruktur Sumsel itu juga tak lupa mengenalkan event Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) agar ikut dipromosikan oleh Crazy Rich Tanjung Priok. 

Menurut Herman Deru pengembangan pariwisata Danau Ranau di Kab OKU Selatan relatif sulit dilakukan jika tidak dibarengi dengan kegiatan sport karena  berbagai keterbatasan. 

Lantaran itu pula Ia menggagas SRGF sebagai kalender lokal sejak awal menjabat Gubernur hingga berlangsung tiga tahun berturut-turut dan masuk kalender event nasional. 

“Danau Ranau ini adalah danau terbesar kedua setelah Danau Toba. Kalau Bang Roni berkesempatan hadir dalam SRGF ini kami tentu sangat senang sekali. Terima kasih atas motivasi-motivasi yang telah diberikan,” ujar Herman Deru bersemangat. 

Selain membahas kondisi Sumsel secara umum dan kebijakan nasional yang berkaitan dengan komisi III DPR, kesempatan itu juga dimanfaatkan Herman Deru untuk menjelaskan sinergitas yang dibangun Oemprov Sumsel dan Forkopimda. Salah satunya mengenai capaian Sumsel yang masuk lima besar nasional daerah tercepat vaksinasi. 

“Selain itu Kita ajak Bang Roni juga ke Monpera untuk mengebalkan ke beliau mengenai perjuangan masyarakat dan menjadikan Monpera sebagai salah satu pojok literasi di Sumsel,” jelasnya. 

Demikian halnya terkait buku sosok Ahmad Sahroni yang telah diterbitkan. Menurutnya sangat menginspirasi orang lain untuk gigih dan istiqomah mewujudkan mimpi. Iapun berharap buku ini dapat menjadi inspirasi maayarakat banyak untuk lebuh berani bermimpi dan bercita-cita. 

Sementara itu Bendahara Partai Nasdem yang juga tokoh nasional yang terkenal sebagai Crazy Rich Tanjung Priok, Ahmad Sahroni mengatakan sangat terkesan dengan sambutan Gubernur dan masyarakat Sumsel selama dua hari terakhir. 

Menurutnya waktu lima tahun sangat tidak cukup untuk merealisasikan ide-ide cemerlang Gubernur Sumsel Herman Deru. Sehingga Ia menilai sangat layak jika Gubernur Herman Deru diberi kesempatan pada periode sepanjutnya untuk merealisasikan ide-ide cemerlangnya. 

Dalam kesempatan itupun Ia juga mengapresiasi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel yang telah aktif berpartisipasi mendukung kegiatan seperti ini. Melalui silaturahmi ini diharapkannya Ketua KORMI Sumsel Hj Samantha Tivani semakin aktif memberikan ide luar biasa kepada Gubernur Sumsel untuk mendukung kemajuan daerah. 

“Soal FORNAS, Saya daftar hadir. Sama Gran Fondo juga. Saya akan ikut kelas 100 Km,” ujarnya spontan mendukung FORNAS dan SRGF Sumsel 2022. 

Melalui event-event ini, Ahmad Sahroni berharap Sumsel dapat segera membangkitkan geliat perekonomian dan pariwisata secara nasional. Apalagi jika nanti  pada 1 April status pandemi benar-benar akan diganti menjadi endemi sehingga gerbang karantina mulai dibuka. 

Adaoun kegiatan gowes fun ride itu sendiri menganbil start di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel – TVRI Sumsel – Momea – Palembang Square – Palembang Icon – Simpang DPRD Sumsel – Jln Kapt A.Rivai – Simpang Bukit – Jln Merdeka – Gedung Pajak Kambang Iwak – Masjid Agung – Bundaran Air Mancur – Monpera – Sungai Sekanak Lambidaro dan kembaki ke DPRD Prov Sumsel. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketuq DPRD Sumsel Hj R.A. Anita Noeringhati, Kapolda Sumsel diwakili Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhammad Ngajib, Ketua KORMI Sumsel Hj Samanta Tivani Herman Deru B.Bus. M.IB dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.*