Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka Festival Literasi Tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan atas inisiasi Duta Literasi Sumsel terdahulu almh. Hj Percha Leanpuri B.Bus, MBA ini  merupakan ke 3 (tiga) kalinya ini mengusung tema Transformasi Literasi Dahulu, Kini dan Mendatang. (JSC, Sabtu 5/11/2022)

HD menyampaikan Saat ini tidak  ada alasan lagi bagi kita untuk tidak berwawasan. Selama kita punya teman kita pasti cerdas.

“Mindset orang selama ini literasi secara harfiah adalah kecakapan. membaca dan  menulis. Selain itu juga literasi bisa didapatkan dari mendengar, melihat untuk menambah wawasan” ujar HD.

Ditambahkan HD Kita selalu berpikir kecerdasan bisa di dapatkan di bangku sekolah dimana setiap orang tua menuntut meraih prestasi. Namun hal tersebut tidak seimbnag jika tidak ditambah wawasan.

“Percuma berprestasi jika tidak berwawasan dan menjadi introvert. Anak akan menjadi tidak peka dengam lingkungan sekitarnya.  Dan ini adalah tugas Duta Literasi dan Para Bunda Literasi di Kabupaten /Kota agar dapat memanfaatkan setiap sarana yang ada. Untuk   menunjukan kinerja di lapangan, hasil akhirnya adalah meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia)” ukar HD.

Diakhir smabutan HD berpesan  kepada semua berpredikat duta literasi dan Bapak/Ibu Literasi untuk  berperan memmerangi kebodohan.

Kadis Perpustakaan Prov Sumsel Fitriana S. Sos, M. Si menyampaikan berbagai pencapaian nasional dari bidang literasi, 3 tahun berturut-turut  di anugerahi sebagai tim sinergi dan beberaoa waktu lalu mendapat penghargaan atas pelaksana gerakan bahasa isyarat pertama di indonesia.

Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva, S. Ked menhingatkan garda terdepan dari lierasi adalah kita semua yg hadir di sini. Karena kesadaran literasi digital itu adalah datang dri kita sendiri

Turut hadir Kepala Perpustakaan Nasional diwakili Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Pembangunan Drs. Deni Kurniadi M. Hum, Para Bupati/Walikota se Sumsel, Ketua ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani HD, Para Bunda/Bapak Literasi Kabupaten/Kota se Sumsel