Detak-Palembang.com – Lubuk Linggau , Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Selatan dan kabupaten/kota se-Sumsel bertema “Sinergitas Forkopimda Provinsi Sumsel dan kab/kota se-Sumsel dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada di wilayah Sumsel tahun 2024. (Lubuk Linggau, Selasa 1/11/2022)

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru (HD) membuka langsung rapat koordinasi Forkopimda tersebut yang  juga dihadiri secara virtual oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

HD mengharapkan, selain membahas persiapan mensukseskan pemilu dan pilkada 2024, rakor tersebut juga tidak mengabaikan permasalahan terkini seperti terkait inflasi, ketahanan pangan, dan kerentanan cuaca ekstrim yang harus juga menjadi cakupan pada rakor ini.

“Melalui dialog dengan sangat fleksibel bersama para narasumber, seluruh peserta rakor saya minta untuk mencatat seluruh permasahan yang ada di masing-masing daerah untuk disampaikan dan kita bahas bersama pada rakor ini. Saya ingin bukan rapat menghasilkan rapat tetapi rapat yang menghasilkan aksi,” tegasnya.

HD juga mengharapkan melalui rakor tersebut dapat menghasilkan penajaman dalam program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan karena ini merupakan program yang sangat jitu dalam menghadapi permasalahan inflasi dan ketahanan pangan. “Kita termasuk provinsi yang berhasil mengendalikan inflasi melalui program sumsel mandiri pangan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, HD menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe beserta jajarannya yang telah menjadi tuan rumah rakor Forkopimda tahun ini.

Turut hadir Forkopimda Provinsi Sumsel, bupati/walikota, para kepala OPD Provinsi Sumsel dan Forkopimda kabupaten/kota se-Sumsel serta para pimpinan BUMN/BUMD yang ada di Sumsel.

Hadir juga narasumber yakni Ketua KPU Sumsel, Amrah Muslimin dan Ketua Bawaslu Sumsel, Yenli Elmanoferi.