Detak-Palembang.com РPalembang , Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) memimpin  apel kesiapan personil dan peralatan dalam rangka penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor Sumatera Selatan Tahun 2022 (Jakabaring Sport City Palembang, Rabu, 7/12/2022)

Dalam amanahnya HD menyampaikan bahwa kondisi geografis Sumatera Selatan di bagian Barat memiliki dataran tinggi (Pegunungan) yang berpotensi terjadinya peristiwa alam seperti Gunung Meletus, Guguran Larva Panas, Gas Beracun/Belerang, Tanah Longsor, Banjir Bandang dan Angin Puting Beliung, sementara di bagian timur yang merupakan dataran rendah dan perairan mempunyai potensi terjadinya banjir akibat luapan air sungai dan menimbulkan genangan yang dipengaruhi oleh musim hujan dan pasang air laut, selain itu juga pada daerah yang lebih terbuka dapat terjadi angin puting beliung.

“Peristiwa alam sebagaimana disebut tadi dapat berubah menjadi bencana apabila kita tidak siap dan melaksanakan upaya kesiapsiagaan mulai dari pemetaan daerah rawan bencana, sosialisasi kepada masyarakat tentang kondisi wilayah kebencanaan yang ada didaerahnya masing-masing”, ucap HD.

HD berharap agar para personil penanggulangan bencana selalu siap dan peralatan penanggulangan yang ada juga dalam kondisi baik dan dapat digunakan secara maksimal dalam pelaksanaan penanggulangan bencana baik dalam wilayah Sumatera Selatan dan juga siap untuk dimobilisasi ke lokasi bencana di wilayah Provinsi terdekat dari Sumatera Selatan.

Kegiatan apel tersebut diikuti oleh 800 orang personil dilengkapi dengan sarana dan prasarana dari masing – masing Dinas/Instansi stakeholder terkait.

Turut hadir Ketua DPRD Prov. Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati, SH., MH, Kapolda Sumsel, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, Kasdam II SWJ, Brigjen TNI Izak Pangemanan, dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel..