Detak-Palembang.com РPalembang , Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menghadiri Pentas Seni Budaya Lokal Sumatera Selatan Dul Muluk yang berjudul Sultan Abdul Muluk diselenggarakan oleh Himpunan Sarjana Kesastraan Indonesia (HISKI) di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang.  (Sabtu, 18/12/2021)

Pementasan Dul Muluk tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari para penonton yang hadir. Sebab disajikan dengan sangat luar biasa yang mengkombinasikan kebudayaan lokal dan perkembangan jaman, ditambah dialog yang dilakukan oleh para pemeran teater dilakukan dengan sangat baik yang menyisipkan pesan moral dan ajakan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Diatas panggung juga tidak hanya sebuah pentas seni drama komedi saja yang ditampilkan oleh mereka, ada juga tarian kebudayaan dan adegan silatnya.

Menurut HD pentas seni yang diperankan oleh para dosen dari 11 perguruan tinggi tersebut merupakan kemasan yang baik dalam melestarikan kebudayaan tradisional yang dimiliki oleh Indonesia.

“Ketika kita berikan keteladanan seperti yang dilakukan hari ini, semoga dapat membangkitkan semangat mereka (kaum milenial) untuk melestarikan kebudayaan lokal yang sakral yang kita miliki. Ini belum sempurna jika tidak kita selenggarakan minimal dua kali dalam satu tahun”, ungkap HD.

HD juga berpesan untuk tetap menerapkan nilai kebuduyaaan lokal pada kehidupan sehari-hari meskipun perkembangan jaman sangat pesat kemajuannya.

Menutup sambutannya HD meminta agar seluruh OPD agar disetiap kegiatannya dapat menonjolkan dan menggunakan kearfian lokal, minimal menggunakan tanjak sebagai simbol dalam melestarikan kebudayaan lokal yang dimiliki.

Sementara itu Guru Besar Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Nurhayati, M.Pd yang juga berperan sebagai pimpinan dan penulis naskah pada pementasan seni tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara diawali melalui obrolan via grup WhatsApp yang kemudian dilakukan latihan drama secara virtual.

Turut hadir Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel, Hari Widodo, Kadis Budpar DR. Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc