Detak-Palembang.com – Banyuasin , Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru (HD) bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto melakukan pencanangan tanaman perdana jagung dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional di lahan SPN Betung Polda Sumsel,  Kabupaten Banyuasin. (SPN Betung 16/3/2022)

HD mengharapkan melalui program tersebut dapat menjadikan Provinsi Sumsel sebagai klaster jagung terbesar di Indonesia. Untuk itu, dia mengapresiasi Polda Sumsel yang telah menjadi Polda pertama melaksanakan program menanam jagung dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki Polda Sumsel.

Melalui pembinaan dari Dinas Pertanian TPH Prov Sumsel dapat menghasilkan jagung berkualitas ekspor.  Kedepan HD mengharapkan dapat membuat  klaster TNI, Klaster Pondok Pesantren termasuk juga klaster masyarakar.

“Dengan 200 ribu Ha lahan pertanian jagung yang ditargetkan artinya diperkirakan akan ada 1,2 juta ton jagung dalam satu kali panen. Sementara jagung ini dalam satu tahun dapat dilakukan dua kali panen,” ujarnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengharapkan program penanaman jagung yang berbasis pemberdayaan masyarakat tersebut dapat berlangsung secara berkesinambungan untuk mendukung ketahanan pangan dan nantinya dapat menghasilan ekspor produk pertanian.

Sementara itu Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel, Bambang Pramono mengatakan,  bahwa tahun 2021 lalu Provinsi Sumsel berada diperingkat ke 10 se Indonesia sebagai daerah penghasil jagung. Selain itu sudah melakukan pelatihan Babinkamtibmas di Kabupaten OKU Timur untuk menanam jagung.

Pada kesempatan itu dilakukan juga penandatanganan MoU antara Gubernur Sumsel dan Kapolda Sumsel tentang pengembangan pertanian di Sumsel. Kemudian MoU Gubernur Sumsel dengan BPJS Ketenagakerjaan, Bank Sumsel Babel, PT. PUSRI, dan Pandu Tani Indonesia.

Diakhir acara HD bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto melakukan penaburan benih ikan di Waduk Bintara SPN Betung Polda Sumsel.

Turut hadir Bupati Banyuasin, Askolani Jasi, serta para kepala OPD Provinsi Sumsel.