Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri Puncak peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2022 dengan tema “Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi” yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia secara daring. (Sumsel Command Center, Jumat, 9/12/20222)

Acara ini dibuka oleh Wapres RI, Maruf Amin. Ia katakan korupsi adalah musuh segala bangsa, karena korupsi merupakan pusat berbagai persoalan dan korosif terhadap segala pencapaian.

“Pemulihan masyarakat dari korupsi perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, baik, dan bebas dari korupsi,” katanya.

Ditegaskannya, sumber daya yang bernilai tinggi harus dikelola dan digunakan untuk kepentingan rakyat, bukan untuk memperkaya individu, kelompok, dan koorporasi. Karena dampak dari krisis multidimensia akan semakin sulit ditangani dengan perilaku koruptif.

“Pemulihan sosial ekonomi nasional perlu didukung oleh KPK dan semua pemangku kepentingan agar tidak tumbang oleh perilaku koruptif,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPK RI , Firli Bahuri, harapkan melalui HAKORDIA 2022, dapat menjadi tonggak untuk menguatkan kembali partisipasi masyarakat dalam mberantas korupsi sehingga Indonesia maju dan siap menghadapi tantangan global.

Turut hadir Sekda Sumsel, Ir. S. A. Supriono, Para Kepala OPD Sumsel.