Detak-Palembang.com. – Palembang .Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) didampingi Ketua TP PKK Prov. Sumsel, Hj. Febrita Lustia melaunching Kegiatan Kampanye Aksi Bergizi di SMA Negeri 1 Palembang. (SMA Negeri 1 Palembang, Jum’at, 30/9/2022)

“Gerakan ini merupakan upaya prefentif dalam menjaga kesehatan, kekurangan Hemoglobin adalah sebuah cikal bakal bagi hadirnya persoalan kesehayan berikutnya. Seperti Anemia dan Stunting. Terkait hal tersebut, untuk seluruh jajaran pemerintah khususnya pada level kecamatan untuk bekerjasama dengan puskesmas agar  sesegera mungkin mengenali gejala anemia dan stunting untuk dilakukan tindakan pencegahan prefentif secepat mungkin dan dilaksanakan secara rutin” ujar HD.

“Saya juga berharap Para Guru dan Kepala Sekolah dapat juga menjalin kerjasama dengan puskesmas untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan siswanya secara berkala dan berkesinambungan, karena pencegahan prefentif jauh lebih murah ketimbang kita harus melakukan pengobatan”, tutur HD.

Selain itu HD juga meminta Kepala Sekolah dan Guru untuk mensosialisasikan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) pada siswa didik agar mereka terbiasa untuk memproduksi dan tidak hanya sekedar menjadi konsumen saja.

“Saya minta pak kepala sekolah dan guru untuk mensosialisasikan GSMP dan memberikan penilaian terhadap siswa dan ini juga dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok orang tua mereka masing – masing. Juga dapat merubah mindset mereka sebagai siswa yang produktif”, ucap HD.

Terkait dengan Kegiatan Kampanye Aksi Bergizi, HD meminta agar gerakan kampanye tersebut dapat dilaunching disetiap sekolah di seluruh Kab/Kota Se – Sumatera Selatan.

Turut hadir Ketua Komisi V DPRD Prov. Sumsel, Susanto Adjiz, SH, Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Edward Candra, M.H., Kepala Sekolah SMA N 1 Palembang, H. Moses Ahmad, S.Pd, MM dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel..