Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kontingen Sumsel berhasil menduduki peringkat teratas klasemen sementara gelaran Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI Tahun 2021 Sumsel 2022.

Dimana, pada hari keenam pelaksanaan FORNAS ke VI, Sumsel sukses mendulang medali emas sehingga menambah pundi-pundi medali emas yang sehari sebelumnya hanya berjumlah 35 medali kini menjadi 81 medali emas.

Raihan Sumsel tersebut juga, sekaligus memaksa DKI Jakarta untuk turun drastis ke peringkat empat. Sedangkan diperingkat kedua diduduki oleh Jawa Timur dan disusul Jawa Barat di peringkat ketiga.

Dari catatan situs resmi informasi FORNAS VI, pada Rabu (6/7) pukul 21.00 WIB, secara keseluruhan kontingen Sumsel telah mengantongi total 305 medali. Masing-masing medali tersebut yakni 81 medali emas, 112 medali perak dan 112 medali perunggu.

Kesuksesan FORNAS VI memang merupakan target Sumsel. Dimana jauh sebelum FORNAS VI digelar, Sumsel tidak hanya menargetkan sukses sebagai tuan rumah, tapi juga sukses dalam prestasi dengan meraih posisi terbaik.

Untuk diketahui, jumlah peserta yang terdaftar mengikuti FORNAS VI Sumsel ini sebanyak 12,216.

Sedangkan untuk mata lomba, sampai hari keenam ini tercatat sebanyak 701 mata lomba. Angka tersebut hampir mendekati mata lomba pada PON yang tercatat sebanyak 709 mata lomba.

Sementara dari 73 INORGA yang terdaftar di KORMI, 64 INORGA berpartisipasi dalam festival tersebut. Namun yang turut dalam pertandingan ada 55 INORGA. 49 INORGA didukung oleh APBD, sedangkan 6 INORGA ikut secara mandiri.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengungkapkan, gelaran FORNAS VI ini tidak hanya berdampak pada meningkatkan geliat olahraga khususnya di Sumsel, namun juga mendongrak potensi pariwisata yang ada.

Tidak hanya itu, FORNAS VI juga menjadi momen untuk daerah ini untuk memperkenalkan kekayaan mulai dari SDA, wisata, seni, budaya, kuliner dan ciri khas lainnya.*