Detak-Palembang.com. – Palembang , Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang telah menyiapkan Pojok Pasar di sejumlah pasar tradisional.

“Pojok Pasar ini untuk memastikan keamanan bahan pangan yang dibeli konsumen di pasar,” ujar Kepala BBPOM Palembang, Zulkifli, Apt, Senin (17/10/2022).

Jadi, setelah berbelanja di pasar, masyarakat bisa membawa hasil belanja ke Pojok Pasar untuk diuji atau dipastikan bahwa bahan pangan tidak mengandung zat berbahaya, semisal formalin, boraks, rhodamin, dan lainnya.

“Sehingga bahan pangan yang dibeli benar-benar layak dan aman dikonsumsi,” kata Zulkifli.

Ia mengimbau masyarakat untuk betul-betul secara rutin memanfaatkan Pojok Pasar ini. Apalagi, lokasi untuk memeriksakan pangan ini (Pojok Pasar) terdapat di beberapa tempat dan juga dapat dicek di Kantor BPOM Palembang.

“Pojok Pasar ada di Pasar Lemabang, Pasar Palimo (KM 5), Pasar Bukit Kecil, Pasar Sekip Ujung dan Pasar 9-10 Ulu,” Zulkifli menyebutkan.

Dia menambahkan, memastikan keamanan bahan pangan terus dilakukan BBPOM bersama Pemerintah Kota Palembang. Antara lain dengan melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke industri rumahan. Seperti hari ini, sidak dan pengambilan sampel makanan dilakukan di industri rumahan di Lorong Manggis, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Jakabaring.

“Alhamdulillah, dari sidak, kami tidak menemukan zat berbahaya dari krupuk jangek tersebut,” pungka Zulkifli. (*)