Detak-Palembang.com – Palembang , Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang membuat aplikasi unggulan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. 

Nama aplikasi itu Sistem Informasi Administrasi Online Masyarakat Palembang (Si Demang). 

Program Diskominfo Palembang ini menjadi Program Terbaik Satu dalam kompetisi inovasi yang digelar Pemkot Palembang melalui Bappeda. 

Kepala Diskominfo Kota Palembang, Edison, mengatakan, aplikasi Si Demang bertujuan mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam membuat surat keterangan di kecamatan ataupun kelurahan.

“Aplikasi ini sudah dilaunching pada Maret 2022 lalu, sudah dimanfaatkan oleh masyarakat melalui website atau IOS,” kata Edison, Kamis (25/8/2022). 

Ia menambahkan, dengan aplikasi ini, masyarakat bisa memantau sejauh mana surat keterangan yang diajukan sudah diproses. 

“Jadi lebih mudah dan transparan,” kata Edison. 

Ke depan, Edison melanjutkan, aplikasi Si Demang akan terus kembangkan, dengan cakupan pelayanan yang lebih luas lagi. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan E-Goverment Diskominfo Palembang, Andalusia, mengatakan, pengguna aplikasi ini mencapai 1000 lebih. Artinya, aplikasi Si Demang direspons positif masyarakat. 

Andalusia menerangkan, untuk menggunakan aplikasi Si Demang, terlebih dahulu mendownload di Play Store. 

Setelah itu, bisa memilih untuk beberapa proses pelayanan pemerintah, dalam hal ini surat keterangan di 16 kantor lurah dan 5 kecamatan dengan berbagai jenis pelayanan. 

“Harapan kami, semua pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bisa nantinya dapat dilakukan seperti ini, tentunya dengan kemudahan dan transparan,” ujar Andalusia. (*)