Detak-Palembang.com – Palembang, Kadal gurun sejenis reptil kadal yang dinamai Dhab oleh masyarakat Arab ,ternyata daging dhab disukai masyarakat arab . Hewan ini pengecualian dari yang lain karena bukan golongan makanan yang bersifat haram.

Kadal yang banyak ditemui di gurun ini justru diburu untuk dijadikan makanan, karena halal dan rasanya enak. Dhab adalah kadal gurun yang juga dikenal dengan sebutan kadal berduri.

Ketika musim berburu dhab, para pemuda di Arab Saudi beramai-ramai menuju padang pasir mencari reptil ini.

Penduduk Saudi mengolah kadal gurun ini menjadi makanan enak. Pada saat musimnya tiba reptil ini banyak diburu warga. Dhab termasuk hewan pemalu dan lebih sering berdiam diri di sangkarnya. Mereka hanya keluar pada saat mencari makanan saja.

Reptil ini banyak tinggal di kawasan gurun dengan tanah kering dan gersang. Hewan jenis reptil ini hidup dalam lubang dan celah kecil.

Dhab termasuk herbifora yang mengonsumsi rumput-rumputan dan tumbuhan hijau lainnya. Sesekali dhab juga makan serangga seperti belalang.

Pola makan inilah yang membedakan dhab dengan biawak. Biawak cenderung memakan daging seperti tikus, burung dan hewan lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Uniknya, dhab jarang menyentuh air karena hewan ini memang tidak suka air.

Bahkan dhab diketahui tidak minum air langsung, karena hewan ini hanya minum air embun. Hal inilah yang dimanfaatkan para pemburu dhab. Mereka akan menuangkan air ke dalam lubang tempat tinggal dhab lalu kadal gurun ini akan langsung keluar karena rasa takutnya pada air.

Tempat tinggalnya yang sempit ini terasa nyaman untuk menghindari sengatan terik matahari.

Sementara itu, tubuh dhab seperti biawak air, memiliki panjang antara 38 cm sampai 99 cm. Kulitnya tebal dan berwarna cokelat pasir. Reptil ini diketahui memiliki umur panjang dan bahkan bisa mencapai 700 tahun.

Seluruh tubuh dan ekornya dilapisi kulit tebal dan kasar dengan benjolan keras mirip permukaan kulit tokek.

Dikutip dari beberapa sumber, Dhab jantan memiliki dua dzakar,demikian pula dengan betina mempunyai dua vagina.