Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa

Detak-Palembang.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus fokus menangani sampah dengan meresmikan Rumah Kompos Berhati di Jalan Prajurit Nangyu, Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU I), Selasa (7/6/22)

Rumah Kompos (Bersih, Hijau, Aman, Teratur, dan Indah) diresmikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa.

Diketahui, bahwa Rumah Kompos tersebut merupakan salah satu program CSR PT Bukit Asam (PTBA) yang telah direncankan sejak tahun sebelumnya.

“Tentunya ini apa yang kita lakukan ini dalam rangka ingin mengurangi dan mengurai sampah yang potensinya cukup besar,” kata Ratu Dewa

Diakuinya, perhitungan sesuai dengan rumus yang ditentukan, potensi sampah di kota Palembang saat ini telah mencapai 1200 ton.

“Untuk itu, kehadiran rumah kompos akan sangat terbantu, karena ia bermula dari sumber awal sampah,” jelasnya.

Menurutnya, program CSR tersebut juga merupakan bagian dari kewajiban Pemerintah dalam menangani sampah khususnya di sumber utama.

“Kehadiran kita saat ini karena memang adanya sumbangsi CSR PT Bukit Asam. Dan ini sangat luar biasa sehingga kita sangat terbantu oleh PTBA dalam memberikan Rumah Kompos ini,” ucapnya.

Dia berharap kepada masyarakat, khususnya warga Kecamatan Seberang Ulu Satu Palembang untuk dapat terus menjaga setiap aset penting dan bermanfaat.

“Karena ini aset penting maka mari kita pelihara aset ini dengan baik. Bahkan, ini juga dalam rangka memperdayakan UMKM yang ada di sekitar sini,”pungkasnya