Penasehat Hukum (PH) terdakwa Sakim, Yus Sunardi

Detak-Palembang.com – Dugaan kasus penipuan jual beli tanah terdakwa mantan anggota DPRD Sumsel Sakim Nanda Setiawan bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Senin (6/6/22).

Sidang kali ini dengan agenda pemerikasaan saksi. Sidang diketuai oleh Majelis Hakim Fatimah SH MH dan dihadiri oleh Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang yaitu Ursula Dewi SH MH, serta dihadiri Saksi Teddi Tio.

Dalam kasus ini Penasehat Hukum (PH) terdakwa Sakim, Yus Sunardi, mengatakan kliennya di kriminalitas dalam kasus ini.

Lantaran dalam kasus ini hanya klien saja yang dilakukan penahanan. Sedangkan dalam perkara ini semua jelas terkait legalitas atau keterlibatan oknum BPN.

“Sertifikat klien kami jelas dan terdaftar di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palembang tapi mengapa hanya klien kami yang dijadikan terdakwa,”katanya

Dia menegaskan, dalam kasus ini pihaknya akan turut melaporkan oknum BPN Palembang yang ikut terlibat.

“Kami akan membawa kasus ini keranah Hukum dan akan melaporkan oknum BPN Kota Palembang baik yang menerbitkan Sertifikat atau pun Kasi Sengketa serta Kasi Pengukuran dan semua pihak yang terlibat dalam perkara ini,”tegasnya.

“Karena mereka yang membikin sengsara rakyat, kalau dari awal pihak BPN mengatakan tanah ini bermasalah pasti tidak akan terjadi transaksi jual beli, kita juga akan melaporkan semua pihak yang bertanda tangan dalam perkara ini,” pungkasnya.

Sementara itu Ursula Dewi selaku JPU dari Kejari Palembang mengatakan, sidang kali ini menghadirkan saksi korban, dalam keterangannya, saksi menguatkan Dakwaan Jaksa.

“Keterangan saksi menguatkan Dakwaan Jaksa,”ucapnya