Asprov PSSI Sumsel

Detak-Palembang.com – Hari ini pendaftaran calon Ketua Umum (Ketum) Asprov PSSI Sumsel telah dibuka sejak 15 Juni sampai dengan 7 Juli.

Hal itu diutarakan Ketua Komite Pemilihan Kongres Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumsel untuk periode 2022 hingga 2026 nanti.

Agenda akan digelar sebelum Kongres Luar Biasa (KLB) Asprov PSSI Sumsel 16-18 Juli di Hotel Santika Premiere Palembang.

Menurut Ketua Komite Pemilihan Syahril Musa mengatakan, adapun syarat mutlak untuk bagi pendaftar calon Ketua Asprov PSSI Sumsel nanti harus memiliki pengalaman organisasi sepakbola di atau pernah memegang jabatan tinggi di klub sepakbola.

Selain itu calon ketua wajib mendapatkan dukungan dari pemilik votters yang telah ditetapkan.

“Tentunya calon ketua itu wajib memiliki pengalaman di organisasi atau klub. Karena harapannya nanti tentu untuk kemajuan sepakbola di Sumsel. Apalagi tahun depan kita juga sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tentu calon ketua dan anggota exco yang terpilih nanti harus paham soal ini,”katanya, Rabu (15/6/22)

Dijelaskannya, terkait penjaringan calon ketua dan Kongres Luar Biasa sudah dilakukan hingga pengurus Askot/Askab se- Sumatera Selatan.

“Tahapan pertama itu sosialisasi terhadap para anggota Asprov PSSI Sumsel dan itu sudah dimulai karena sebelumnya kita sudah rapat terkait KLB ini,”jelasnya

Berikutnya, tahapan verifikasi berkas bakal calon. Lalu pihaknya akan melakukan penyampaian hasil verifikasi dan penetapan Calon Ketua dan Anggota Komite Eksekutif Asprov PSSI Sumsel Periode 2022 – 2026 pada 15 Juli mendatang.

Sementara itu, General Secretary Officer Asprov PSSI Sumsel Indra Wijaya menerangkan Kongres Luar Biasa (KLB) mendatang akan melibatkan 30 votters atau pemilik suara.

Itu disebutnya, terdiri Askot dan Askab Se Sumsel ditambah klub peserta Liga 3 Sumsel tahun 2021, Asosiasi Sepakbola Wanita, Pengurus Futsal, Asosiasi Pelatih Sumsel dan Anggota Tetap Asprov.

“Kalau pesertanya sekitar 60 anggota tapi untuk votters 30 pemilik suara. Selanjutnya nanti akan kita lihat melalui tahapan-tahapan termasuk kelayakan dan lain-lain,”jelasnya

Tahapan Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI Provinsi Sumsel adalah sebagai berikut:

15 Juni – 07 Juli 2022 : Pendaftaran bakal calon Ketua dan Anggota Komite Eksekutif.
08 Juli 2022: penerimaan dokumen pendaftaran dan Verifikasi dokumen persyaratan para bakal calon Ketua dan Anggota Komite Eksekutif
09 Juli – 10 Juli 2022 : Batas waktu perbaikan / melengkapi dokumen persyaratan bagi yang kurang;
12 Juli : Pengumuman bakal calon sementara Ketua dan Anggota Komite Eksekutif;
13 Juli 2022 : Masa sanggah calon Ketua dan Anggota Komite Eksekutif
14 Juli : Masa pengajuan banding dan Masa Pemeriksaan serta putusan hasil banding
15 Juli : Pengumuman Calon tetap Ketua Anggota Komite Eksekutif