IST

Detak-Palembang.com – Arus mudik Lebaran 2022 di Indonesia menjadi sorotan media asing. Tercatat, kepadatan kendaraan terjadi di beberapa ruas utama Jalan Tol Trans Jawa dan juga Pelabuhan Merak.

Lantaran, setelah dua tahun Covid-10 pemerintah akhirnya mengizinkan mudik kembali dilaksanakan

Namun fenomena kemacetan ini, mendapatkan sorotan dunia. Ada beberapa media asing yang ikut memberitakan terkait kemacetan panjang yang dialami para pemudik itu.

Media Reuters menyoroti panjangnya kemacetan arah keluar kota Jakarta yang mencapai 10 km. Kantor berita yang berpusat di London itu menyebutkan juga tingginya antusiasme pemudik yang untuk berlebaran di kampung halaman.

“Kemacetan besar saat liburan Idul Fitri di Indonesia dimulai,” tulis Headline media itu dikutip Senin, (2/5/2022).

Sementara media Bloomberg mengabarkan meledaknya permintaan perjalanan selama periode lebaran ini. Mereka menyebutkan juga bahwa mudik merupakan salah satu migrasi tahunan manusia terbesar di dunia.

“Sektor transportasi akan menjadi penerima manfaat utama ketika sekitar 85 juta orang pergi ke beberapa provinsi,” tulis media yang berpusat di New York itu.

Sementara itu, dari Asia, Channel News Asia melaporkan juga terjadi peningkatan pemudik di tahun ini akibat pelonggaran Covid-19. Pelonggaran ini, tulis kantor berita Singapura itu, diambil karena turunnya kasus Covid-19 dan sudah mulai tingginya angka vaksinasi.

“Tetapi ketika kasus Covid-19 berkurang dan lebih banyak orang divaksinasi, pihak berwenang memutuskan untuk mengizinkan tradisi mudik tahunan, yang dikenal di Indonesia sebagai mudik, tahun ini,” tulis media itu.