Detak-Palembang.com PALEMBANG – Usai melakukan kunjungan kerjanya di kabupaten Muara Enim, Sabtu (29/5) Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi oleh Ketua Paguyuban Nusantara Bersatu Syahrial Oesman menghadiri Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Sumsel bertempat di Aula Gereja GPIB Immanuel Palembang.

Dalam sambutannya Herman Deru mengajak masyarakat Nias di Sumsel untuk berkontribusinya  dalam membangun daerah  serta tetap menjaga kerukunan antar suku, sehingga Sumsel tetap dalam keadaan Zero Konflik.

“Warga nias di Sumsel ini sangat banyak karena itu saya minta agar keakraban ini terus terjaga. Kerukunan sebagai modal besar kita untuk dapat membangun provinsi yang kita cintai ini agar tetap berada dalam zona  zero konflik,” kata Herman Deru.

Dikatakan Herman Deru, dirinya hadir di acara pelantikan tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan pada masyarakat. Disamping itu pula dia menilai warga Nias di Sumsel sudah menampakkan kesan yang baik dengan  menciptakan kerukunan antar suku.

“Hadir langsung disini adalah salah satu bentuk pelayanan Saya bagi masyarakat tanpa membedakan suku dan agama. Saya nilai warga  nias di Sumsel ini rukun dan membaur dengan  semua masyarakat,” tambahnya. 

Diakhir sambutannya, Herman Deru mengharapkan   agar DPD HIMNI  aktif menjalin  silaturahmi dengan semua suku  di Sumsel.

“Kepengurusan HIMNI teruslah silaturahmi dengan suku-suku lainnya ” pungkasnya

Kehadiran Herman Deru di Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Sumsel kali ini disambut sukacita oleh warga nias yang diwujudkan dengan pemakaian romli khas suku nias sebagai tamu kehormatan yang disematkan  langsung oleh Ketua POPP HIMNI Pusat, Herlina Gea. 

Sementara itu, Ketua DPD HIMBI Sumsel, Nahubi Hia mengungkapkan bahwa Gubernur Sumsel H. Herman Deru adalah pemimpin yang tidak pernah membeda-bedakan Suku, Agama di Sumsel, oleh karena itu dia mengucapkan rasa terimakasihnya atas kehadiran Herman Deru di tengah-tengah kepengurusan HIMBI Sumsel.

“Kami bersyukur bisa tinggal di Sumsel dan mempunyai pemimpin yang murah hatinya, dan tidak pernah membeda-bedakan suku apapun dan Agama apapun beliau tetap layani seperti hari ini beliau ada di tengah-tengah kita terimakasih Pak Gubernur,” kata Nahubi.

Pada kesemptan itu pula, Nahubi selaku Ketua DPP HIMNI Sumsel mengungkapkan akan mengajak semua kepengurusan selalu aman dan rukun di tanah Sumsel.

“Saya selaku ketua dan jajaran kepengurusan mengajak seluruh warga nias yang ada di Sumsel untuk selalu rukun dan menjaga nama baik Sumsel dan Suku Nias,” pungkasnya.

Tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua Paguyuban Nusantara Bersatu, Syahrial Oesman, Ketua DPP HIMNI yang diwakili oleh Ketua POPP HIMNI Pusat, Herlina Gea, Sekjen DPP HIMNI, Otoli Zebua, Ketua DPD HIMNI Sumsel, Nahubi Hia.*