Detak-Palembang.com – BabatToman-Pondok Pesantren memang dikenal sebagai tempat bagi mereka yang ingin menimba ilmu agama. Biasanya selama 24 jam mereka dibina oleh pengajar yang dikenal dengan istilah ustad atau kiai. Umumnya di Pesantren tempat santriwan dan santriwati belajar serta mondok di tempat yang terpisah.

Di Kabupaten Musi Banyuasin salah satu pesantren yang berhasil mencuri perhatian warga adalah Pondok Pesantren Sirojul Ulum Babat Toman. Pesantren ini merupakan pesantren yang menggabungkan metode pembelajaran klasik dan moderen.

Pesantren ini juga mengutamakan pendidikan berbasis nilai-nilai Al,Qur’an, sunnah dan kitab-kitab klasik ( kitab kuning) aswaja nahdliyah termasuk mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan umum.

Disamping itu Mts Sirojul Ulum Babat Toman sudah terdaftar atau mendapatka surat izin dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan langsung ditandatangani  Kepala Kanwil DR. Syafitri Irwan, S.Ag, M.Pd.I dengan nomor 841 dan nomor statistik Madrasah 121216060060. Disamping itu resmi dengan Akta Notaris Nomor 11 Doddy Astaman, SH,Mkn tanggal 26 November 2020 pengesahan Akta notaris AHU-0023400.AH.01.04. Tahun 2020 tanggal  30 November 2020

Pesantren yang beralamatkan di jalan sekayu-lubuk linggau Desa Toman Baru Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin ini berada dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Sirojul Ulum. Keberadaannya mendapat sambutan positif dari warga sekitar.

” Tentu bagus yah,ada pesantren di sekitar ini,kan kata ustadz,kalau ada wilayah yang ada pesantrennya itu,aura kebaikannya akan menular ke masyarakat sekitarnya ” terang Tukino, salah satu warga sekitar.

Saat ini Pondok Pesantren Sirojul Ulum Babat Toman tengah membuka perdana pendaftaran santri dan santriwati baru jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) setingkat  SMP. Pendaftaran dimulai 1 mei –  25 juni 2022 atau hubungi 0813-6834-4204 / 0822-8227-7005

Mengenai hal ini, pengasuh Pondok Pesantren  Sirojul  Ulum KH. Ahmad Mubari, S.Ag ,M.Pd.I mengatakan “Pondok Pesantren  Sirojul Ulum Babat Toman ini berdiri minalloh ilalloh ( Dari Alloh dan menuju kepada Alloh) dengan membawa inspirasi dari Al-Mukarrom Al-Maghfurlah KH.Muhammad Mudarris Sm. Pendiri Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin, yg sudah menempa dan membimbing saya sehingga terdorong ingin memanjangkan jariyah dan ilmu beliau.

“Tentu tidak beda dengan visi dan misi beliau yaitu keinginan membantu pemerintah dalam mendidik anak bangsa berilmu dan berakhlakul karimah, harapan selanjutnya kepada para orang tua kaum muslimin kiranya berkenan mempercayakan kepada pondok Pesantren Sirojul Ulum Babat toman untuk putra putrinya dididik di sini”. Ungkapnya