Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia (id42ner) sukses menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) ke-3 sekaligus perayaan Anniversary ke-15. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 26-28 Mei 2022 di Palembang, Sumatera Selatan ini dihadiri sebanyak 298 unit kendaraan.

“Alhamdulillah, acara Jamnas sekaligus Anniversary kami di Palembang berlangsung aman dan lancar. Kami melihat para peserta yang hadir sangat antusias dan senang mengikuti berbagai rangkaian acara,” kata Presiden id42ner, Ary Yunanto di Jakarta, Senin (30/5).

Ary menjelaskan, dalam melaksanakan seluruh kegiatan tersebut, pihaknya telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan mematuhi peraturan lalu lintas di jalan. Adapun peserta yang hadir dari 26 chapter di Indonesia. 

“Dari kegiatan ini, selain untuk lebih meningkatkan silaturahmi dan kekompakan di antara anggota, kami juga mengadakan bakti sosial serta membawa misi membangkitkan kembali wisata dan ekonomi di daerah setelah terkena dampak pandemi Covid-19,” paparnya.

Menurut Ary, kendaraan SUV Fortuner sangat enak digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan suspensi yang empuk dan didukung mesin diesel yang lebih bertenaga dan responsif. Selain itu, Fortuner cukup irit bahan bakar sehingga sangat cocok untuk menjelajah lintas Pulau Sumatera.

“Sumatera Selatan merupakan wilayah pertama di Pulau Sumatera yang menjadi lokasi gelaran Jamnas id42ner. Kami berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan-kegiatan positif selanjutnya di lain waktu dan tempat,” imbuhnya.

Ary menambahkan, dalam kegiatan Jamnas ke-3 dan Anniversary ke-15 komunitas id42ner, telah disupport oleh Toyota Astra Motor (TAM) dengan melibatkan dealer AUTO 2000 untuk memberikan pengalaman terkini atas produk terbaru Toyota Fortune 2.8, dengan melakukan display dan test drive di lokasi kegiatan di Hotel Santika Premiere Palembang. 

“Selain itu terdapat THS bengkel Toyota Home Service untuk melayani kebutuhan member-member Fortuner setelah melakukan long journey ke Palembang, agar kendaraannya tetap sehat dan aman,” imbuhnya.

Dalam sambutannya secara virtual pada pembukaan acara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya kepada id42ner yang mengadakan aktivitas touring sekaligus melaksanakan Jamnas ke-3 dan perayaan HUT-nya ke-15. “Selain sebagai hobi, kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara ekonomi, sosial, maupun lingkungan karena adanya bakti sosial dan peduli lingkungan,” tuturnya.

Menparekraf optimistis, kegiatan tersebut turut membangun sektor pariwisata secara berkelanjutan. “Karena kegiatan ini ikut bantu meningkatkan kemandirian, keterampilan serta kolaborasi dengan masyarakat, khususnya UMKM,” ungkapnya.

Sandi berharap, melalui kegiatan yang digagas oleh id42ner, akan tercipta ekonomi kerakyatan dengan melibatkan banyak tenaga kerja dan membuka peluang usaha masyarakat lokal serta lapangan kerja seluas-luasnya. “Sehingga perkonomian nasional segera pulih, dan industri otomotif di Indonesia bisa semakin maju yang tentunya akan memberikan dampak langsung bagi sektor Parekraf,” tegasnya.

Sementara itu, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan mengatakan, ketertiban berlalu lintas di Sumsel khususnya di Kota Palembang sudah sangat meningkat. Hal itu karena di Palembang sendiri sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk memantau ketertiban di jalan raya.

“Sumsel ini satu dari empat provinsi yang mendapatkan piagam sebagai daerah tercanggih dalam memantau ketertiban berlalu lintas. Karena itu, para anggota komunitas ini diharapkan dapat mematuhi aturan yang berlaku di jalan raya agar terhindar dari sanksi,” terangnya di Palembang, Kamis (26/5). (*)