Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa

Detak-Palembang.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa secara tegas memberikan peringatan Apartur Sipil Negara (ASN) untuk tunaikan kewajiban membayar zakat.

Hal itu saat memberikan sembako dari Badan Amil Zakat  Nasional (Baznas) Palembang ke ustad dan ustadza di Parameswara Setda Kota Palembang, Kamis (21/4/22)

“Bagi ASN yang mencla-mencle tidak mau zakat saya ingatkan harus menunaikan zakat,” tegasnya

Diingatkannya, kepada seluruh ASN yang sudah memenuhi syarat nisab pada titik tertentu, maka diwajibkan untuk membayar zakat.

Menurutnya, zakat merupakan ketentuan wajib yang harus diberikan. Lantaran menjadi salah satu rukun Islam. Hal itu berbeda dengan infaq dan shodaqoh.

Dia kembali menegaskan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palembang, untuk mengingatkan ASN membayar zakat.

“Kita ketahui bahwa Bazanas Palembang menyalurkan zakat dan infak lainya kepada yang dibutuhkan. Seperti tadi membagikan sembako kepada uztadz-ustadza dan panti asuhan serta program bedah rumah,”pungkasnya

Sementara itu, Kepala Baznas Palembang, Ridwan Nawawi mengatakan, Zakat Fitrah tahun 1443 Hijriah / tahun 2022 Palembang masih seperti tahun lalu, yakni Rp. 25.000 ribu per-orang yang telah  disepakati Baznas dan Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Palembang.
 
“Berdasarkan kesepakatan besaran Zakat Fitrah di Palembang Rp. 25.000 ribu atau setara dengan 2,5 kg beras per-orang,” ujarnya
 
Menurutnya, nilai zakat di tahun 2022 sama seperti 2021 lantaran besaran zakat disesuaikan  dengan makanan konsumsi keseharian per-orang.  Dalam rata-rata setiap orang makan Rp. 10.000 per-kilogram.
 
“Jadi besaran ini dijadikan patokannya nilai Zakat Fitrah ,”pungkasnya