Erick Thohir melepas pemudik pulang kampung

Detak-Palembang.com – JAKARTA , Mudik merupakan salah satu tradisi menjelang Lebaran bagi perantau yang jauh dari kampung halaman. Momentum yang tepat sebagai ajang silaturahim dengan keluarga besar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas para pemudik dari dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Surabaya dan Semarang, Jawa Tengah pada Selasa, (26/04).

Sebanyak 1.109 orang penumpang yang dilepas menggunakan KM Dobonsolo, dan termasuk diantaranya 470 orang peserta mudik gratis dan 416 orang peserta biasa. Selain penumpang, Menteri BUMN juga memfasilitasi mudik gratis menggunakan sepeda motor tujuan Surabaya-Semarang berjumlah 216.

Difasilitasi mudik gratis, salah satu pemudik yang ditemui Erick Thohir dalam kapal merasa bahagia dan mengucapkan terima kasih atas fasilitas gratis yang diberikan. Pemudik tersebut pun meminta program mudik gratis ini terus dilakukan setiap tahun.

“Pak, terima kasih ya pak sudah kasih fasilitas mudik gratis, mudah-mudahan berlanjut terus ya pak,” kata pemudik seperti di kutip dari video pendek di instagram pribadi Erick Thohir @erickthohir, Rabu (27/4).

Masyarakat merasa terbantu dengan adanya program mudik gratis ini, sebab di tengah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini yang dimana warga kesulitan dari sisi keuangan.

“Saya kebetulan gak kerja pak, makannya saya cari yang gratis. Alhamdulillah dengan adanya mudik gratis ini saya terbantu lah pak,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, pemudik perempuan paruh baya tersebut mengucap syukur atas bantuan Pemerintah yang telah memfasilitasi masyarakat untuk mudik gratis, hingga mereka bisa bertemu keluarganya.

“Pinginnya bisa pulang bertemu saudara Pak Erick,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ikut merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh pemudik, setelah dua tahun dilarang mudik akibat pandemi Covid-19.

“Saya merasakan kebahagiaan para pemudik, siang tadi di atas KM Dobonsolo. Dua tahun tak dapat bertemu keluarga, Insya Allah ldul Fitri tahun ini dapat melepas rindu,” kata Erick Thohir.

Meski melepas ratusan pemudik, Erick Thohir tetap mengingatkan para pemudik untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman.

“Pesan saya, selalu jaga protokol kesehatan agar mudik dapat berjalan aman dan nyaman. Untuk seluruh kru KM Dobonsolo yang tetap bertugas selama masa Lebaran ini, saya titip para pemudik, layani dengan sepenuh hati. Hati-hati di jalan,” tutup Erick Thohir.

Program mudik gratis ini khusus ditujukan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan.

Tahun ini program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut melayani rute Jakarta – Semarang – Surabaya untuk 2 (dua) kali keberangkatan (voyage) arus mudik, yakni tanggal 26 April 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 29 April 2022 dengan KM. Ciremai, serta 2 (dua) kali voyage arus balik tanggal 11 Mei 2022 dengan KM Dobonsolo dan tanggal 9 Mei 2022 dengan KM Ciremai.

Diketahui, Kapal KM Dobonsolo beroperasi sesuai dengan trayek dan jadwal operasinya untuk mobilitas penumpang dan barang. Pada masa periode lebaran tahun ini diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya. (***)