#Launching Pasar Pojok Darussalam 

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Perhatian Gubernur Sumsel H. Herman Deru terhadap kelangsungan UMKM di Sumsel berbuah manis. Berkat perhatiannya itu pula Kepala Daerah yang gemar memberikan endorse gratis itupun mendapat penghargaan dari Persatuan Pedagang Kecil Sumatera Selatan (P2KSS). 

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua P2KSS Hj Yeni, pada acara launching Pasar Pojok Darussalam yang digelar P2KSS di sekretariat Persaudaraan Nusantara Sumsel Bersatu (PNSB) di kawasan KH. Ahmad Dahlan Palembang, Senin (4/4) sore. 

Bersama Ketua DPRD Sumsel Hj Anita Noeringhati, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai sebagai kepala daerah yang perhatian dan memberikan banyak dukungan dan bantuan untuk kemajuan UMKM yang tergabung dalam P2KSS. 

“Selama ini kita kira hanya kita yang perhatian dengan mereka (UMKM), ternyata mereka juga perhatian ke kita. Artinya apa? artinya kinerja kita ikut meningkatkan usaha mereka di bidang UMKM ini dinilai dan dihargai,” ujar Herman Deru. 

Diakui Herman Deru upaya yang dilakukan pemerintah untuk UMKM cukup banyak, selain ada KUR mereka juga mendukung berbagai event yang dapat meningkatkan penjualan UMKM bahkan memberikan pembinaan. 

“Bahkan Saya kadang endorse langsung. Saya pikir wajar jika diberi penghargaan ini,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu Ia juga mengatakan sangat mengapresiasi prakarsa yang telah dilakukan P2KSS yang mengumpulkan para pedagang untuk memberikan kesempatan mereka membuka usaha di Pasar Pojok Darussalam tersebut. 

Iapun berharap selain dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan berbuka dengan aneka kudapan khas Palembang, Pasar ini juga dapat menggerakkan usaha para UMKM untuk bangkit dari pandemi. 

Selain itu Ia juga menghimbau para pedagang untuk menyediakan makanan yang sehat kepada masyarakat serta menjaga higienitas aneka makanan yang dijual. 

“Pihak terkait juga kita minta awasi agar jangan ada borax, formalin yang terkandung dalam jajanan yang dijual di pasar ini. Kita jangan hanya perhatikan ramainya saja tapi higienitasnya juga,” jelasnya. 

Di tempat yang sama dalam sambutannya Ketua P2KSS Hj Yeni mengatakan saat ini pandemi memang belum usai tapi sudah mulai mereda. Oleh karena itu mereka para pelaku usaha kecil mencoba utk bangkit berkiprah untuk kembali meningkatkan  ekonmi keluarga dan juga ekonomi masyarakat. 

“Makanya kami mohon bantuan agar kami pedagang kecil dapat berkiprah dan berpartisipasi dalam membangkitkan ekonomi masyarakat dan juga di Sumsel,” terangnya. 

Launching pasar itu sendiri ditandai dengan pemukulan gong dilanjutkan dengan peninjauan Pasar Bedug atau pojok pasar Darussalam. 

Di pasar tersebut Gubernur Sumsel didampingi Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj R.A Anita Noeringhati, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, meninjau satu persatu stand jajanan sambil berkomunikasi dan menyemangati para pedagang. 

Selain Ketua PNSB Ir Syahrial Oesman, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel tampak turut hadir mendampingi di antaranya Kepala Biro Ekonomi Sumsel Aprian Jhoni, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sumsel Sandi Pahlevi, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Sumsel Rika Efianti.*