Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Ahmad Zulinto,

Detak-Palembang.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri di Kota Palembang.

Kendati demikian ada 5 sekolah percontohan.hanya bisa membuka pendaftaran terlebih dahulu. Yakni, SMPN 1, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 10 dan SMPN 15 Palembang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Ahmad Zulinto, mengatakan, pembukaan pendaftaran PPDB tahun ini memang sudah dimulai.

“Ya, PPDB untuk SMP sudah kita mulai hari ini sampai 20 April mendatang.
Hanya saja, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan serentak, tahun ini PPDB dibuka hanya untuk lima sekolah percontohan saja yang ditetapkan,”katanya Selasa (12/4/2022).

Dia menyampaikan, dalam PPDB ini masih menggunakan jalur yang sama. Hal itu seperti jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua.

“Nah, lewat empat jalur inilah yang akan kita terima dengan kuota tertentu. Dan jalur satu lagi nantinya akan ada jalur tes yang bila dari empat jalur ini bagi peserta didik yang tidak lulus atau di luar jalur zonasi,”ucapnya

Namun, untuk jalur di luar zonasi nilai harus memenuhi rata-rata 84 untuk mapel IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia kelas 4, 5 dan 6.

Zulinto menjelaskan jalur Zonasi adalah jalur yang disediakan bagi peserta didik yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal satu tahun.

Sedangkan jalur Afirmasi adalah jalur yang disediakan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

Jalur Perpindahan Tugas orangtua/wali adalah jalur yang disediakan bagi peserta didik ketika lokasi pekerjaan orang tua/wali dipindah tugaskan

Jalur prestasi yakni jalur yang disediakan bagi peserta didik yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik.

“Calon peserta didik bisa mendaftar melalui web layanan PPDB online SMP Negeri Kota Palembang, di https://ppdbpalembang.com, dengan memilih satu sekolah dan melalui satu jalur pendaftaran saja,” ujar Zulinto.

Nantinya, tes bagi peserta dari luar jalur ini akan dilakukan dengan menggunakan sistem CBT di sekolah tersebut.

“Untuk teknis soalnya akan dibuat oleh tim yang telah ditunjuk,” kata Zulinto.

Sedangkan untuk jalur sekolah reguler, pendaftaran PPDB dijadwalkan tgl 30 Mei sampai 4 Juni 2022.