Detak-Palembang.com Kulon Progo – Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., melakukan kunjungan kerja dalam rangka Studi Komperatif Perekonomian dan UMKM di Kabupaten Kulon Progo. Rabu, 02 Maret 2022.

Kedatangan Mas Yudha didampingi Sekretaris Dewan, Ka. Disdagperin, Ka. Dinkop dan UKM, Ka. BPKAD, Ka. Bappeda dan Litbang, Kabag Hukum, Kabag Perekonomian dan SDA langsung disambut hangat oleh Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana di Ruang Pertemuan Seketariat Daerah Kulon Progo.

Wakil Bupati OKU Timur Mas Yudha mengatakan, dalam kedatangan mereka ke Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk berdiskusi tentang perekonomian kerakyatan melalui UMKM dalam program Toko Milik Rakyat (TOMIRA) yang dikelola oleh Kabupaten Kulon Progo. TOMIRA sendiri merupakan sebuah Mini Market yang dikelola oleh Dinas Koperasi dan UMKM yang bekerjasama dengan Alfamart.

Melalui kunjungan kerja ini, Mas Yudha berharap agar nantinya kabupaten OKU Timur dapat mencontoh apa yang telah dilakukan Kabupaten Kulon Progo untuk perkembangan perekonomian kerakyatan melalui UMKM, “Terimakasih banyak atas sambutan yang sangat hangat ini, semoga kedepan kabupaten kita dapat terus bersinergi demi kemajuan perekonomian dan UMKM,” Ujar Yudha.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Bupati Kulon Progo Pajar Gegana menjelaskan bahwa Mini Market TOMIRA merupakan pengembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat bersifat kemitraan dengan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program Toko Milik Rakyat (TOMIRA) yang disepakati oleh kedua pihak antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. sebagai pengelola Alfamart agar fungsinya untuk melindungi produk lokal yang ada di Kulon Progo.

Wabup Kulon Progo juga menekankan bahwa TOMIRA mendukung program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kulon Progo dalam bentuk penyisihan laba untuk kegiatan pendampingan UMKM dan pendampingan sosial masyarakat, ujarnya. * (rel)