H. Erick Thohir bersama Majelis Dzikir At – Thohir

Detak-Palembang.com – Palembang , Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghadiri tabligh akbar dan santunan anak yatim Majelis Dzikir At-Thohir yang dilaksanakan di Bait Al-Quran-Ponpes IGM Al-Ihsaniyah, Jl. Moh. Amin, Gandus, Kec.Gandus Kota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (27/3/2022)

Hadir dalam kegiatan, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Pejabat Pemerintah Sumatera Selatan, pembina Majelis Dzikir At-Thohir H. Kgs Syofwatillah Mohzaib, Ketua Majelis Dzikir At-Thohir Sumatera Selatan Imam Warmansyah, Ketua Kabupaten Majelis Dzikir At-Thohir di 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, ratusan ulama dan ribuan jamaah di Kota Palembang.

Erick Thohir yang juga tokoh Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) merupakan pendiri sekaligus pembina Majelis Dzikir At-Thohir.

Menurut Erick, terdapat dua hal dasar yang menjadi dasar berdirinya Majelis Dzikir ini, yaitu pertama untuk mengenang dan mendoakan Almarhum ayahanda H, Muhammad Teddy Thohir untuk mengenang dan mendoakan.

“Satu mengucapkan bagaimana berterima kasih bahwa almarhum bapak saya yang lima tahun yang lalu dipanggil Allah SWT H. Muhammad Thohir yang kebetulan kita pada saat ini ingin kembali mengenang dan mendoakan supaya beliau diterima di sisi Allah di tempat yang terbaik,” kata Erick Thohir dalam sambutannya, Minggu (27/3/2022).

Selain mendirikan Majelis Dzikir bernama At-Thohir, Erick juga membangun Masjid bernama At-Thohir di Los Angeles AS dan Kota Depok Jawa Barat yang baru saja diresmikan belum lama ini untuk dijadikan tempat bagi kegiatan keagamaan masyarakat.

Lanjut Erick, alasan kedua berdirinya majelis dzikir tersebut ialah untuk menyambung silaturahmi antar umat dan kembali merajut persatuan masyarakat.

Erick Thohir yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menjelaskan Majelis Dzikir At-Thohir hadir sebagai bagian dari dakwah Islam dan gerakan keagamaan. Penamaan Majelis Dzikir At-Thohir terinspirasi dari sosok almarhum ayahnya, H. Muhamad Teddy Thohir.

“Majelis Dzikir At-Thohir merupakan majelis yang fokus pada kegiatan keagamaan seperti dzikir, dan gerakan keagamaan, dengan tujuan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Majelis Dzikir At-Thohir nantinya akan fokus pada kegiatan yang erat dengan nilai-nilai keagamaan,” ungkapnya.

Kepedulian Erick Thohir dan keluarga terhadap kegiatan keagamaan, mengalir dari ajaran almarhum Sang Ayah, H. Muhamad Teddy Thohir bahwa agama adalah nafas dari setiap perilaku sehari-hari.

Majelis Dzikir At-Thohir diharapkan selain media gerakan dakwah keagamaan, juga sebagai wadah silaturahmi warga. Sehingga dapat membentuk interaksi dan komunikasi yang kuat antara warga dengan para ulama.

“Dan tentu kedua maksud dan tujuan untuk Majelis ini tidak lain tentu menyambung silaturahim, insyaallah dengan acara ini kita mulai merajut kembali silaturahim kita dimana tentu tidak lain ini sangat penting buat kita semua.” Ucapnya.

Sementara itu, salah satu Dewan Pembina Ketua Majelis Dzikir At-Thohir Syofwatillah Mohzaib mengatakan kesempatan acara tablig akbar ini tidak hanya diisi dengan dzikir dan tausiah melainkan juga disertai santunan terhadap 500 anak yatim piatu, pemberian bantuan kepada pesantren dan sejumlah ustad-ustadzah.

Pada acara tabligh akbar tersebut dihadiri langsung Dewan Pembina Majelis Dzikir At Thohir sekaligus pendiri yaitu Erick Thohir dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

“Terima kasih Pak Menteri BUMN dari seluruh jajaran pejabat pemerintah kabupaten dan segenap masyarakat mengucapkan terima kasih karena bapak sudah mendirikan Majelis Dzikir At-Thohir sehingga kami bersatu, kami menjalin silaturahmi kami berdzikir dan juga kami dapat berbuat banyak sekali Pak Menteri,” ujar Syofwatillah dalam sambutannya, Minggu (27/3/2022).

Syofwatillah yang juga pimpinan Ponpes Al Ihsaniyah itu merasa bergembira dan bersyukur atas berdirinya majelis dzikir yang tentunya sebagai sarana ibadah dan menjalin kembali silaturahmi umat yang sempat terputus karena pandemi Covid 19.

“Luar biasa, sangat bergembira dan bersyukur kepada Allah ada seorang menteri yang mendirikan majelis dzikir untuk mengajak umat berdzikir kami sebagai para ustadz pimpinan pesantren sangat menyambut baik ini,” ucapnya.

“Kami bisa menyantuni anak yatim kami bisa membantu masjid dan sebagainya, ini semua berkat keikhlasan dan kedermawanan bapak Erick Thohir kita doakan semoga beliau panjang umur sehat wal Afiat semoga semakin bermanfaat bagi umat, bagi bangsa dan negara Amiiin Ya Robbal Alamin,” imbuhnya.