Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi,

Detak-Palembang.com, Mandalika – Demi memeriahkan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP, Pemerintah menambahkan akses penerbangan ke Mandalika.

Akses penerbangan Extra Flight disediakan
sebanyak 135 dan kapasitas 25.000 kursi.

Hal itu khusus dilakukan untuk menuju di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sampai event mulai dan berakhir tanggal 18-20 Maret 2022.

“Ini adalah akbar internasional, kita harus bangga, dan apresiasi kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang sudah menghadirkannya di Lombok. Bukan hanya untuk Lombok tapi (untuk,red) Indonesia. Karena itu di sektor transportasi kami maksimal menyukseskannya,” kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, kemarin.

Diakuinya kebijakan itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Dia pun tentunya harus menjalankan perintah Presiden itu sebaik-baiknya.

“Jadi kalau udara itu ada sekitar 100-135 an flight selama tiga hari MotoGP, nanti dijabarkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Novie Riyanto. Nah dukungan kami maksimal dengan meningkatkan layanan yang awalnya pakai pesawat jenis ATR menjadi narrow-body (pesawat sedang), kemudian yang narrow-body menjadi wide-body (pesawat berbadan lebar),”katanya

Sementara Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan, pihaknya bersama operator penerbangan telah melakukan tiga upaya dalam pemenuhan kebutuhan transportasi udara.

“Extra flight kita sediakan sekitar 135 flight dengan kapasitas lebih dari 25.000 kursi, dari Cengkareng ke Lombok itu sekitar 19.000, Denpasar (Bali)-Lombok 2.718 kursi, Surabaya-Lombok 3.834,”katanya