Detak-Palembang.com – Palembang – Ustad Solihin Hasibuan berikan ceramah kepada anak didik pemasyarakatan (andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA ) klas 1 Palembang kemenkumham Sumsel Kamis (17/3). Ceramah dalam rangka peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW tersebut mengusung tema “Membentuk Insan Yang Berakhlak Karimah”.

Menurut Ustad Solihin Hasibuan ada dua hal utama untuk jadi insan yang berakhlah karimah. Yaitu pertama perkuat iman kepada Allah SWT, karena Iman memegang peranan penting dalam kehidupan. Tanpa iman, kehidupan manusia akan kacau tidak terarah. Iman itu adalah cahaya yang menerangi hati dan jiwa manusia.
Kedua tingkatkan taqwa kita kepada Allah SWT. Jauhi semua laranganNya dan laksanakan semua perintahNya.

“Anak-anak sekarang anggap saja sedang berada di dalam pesantren. Perbaiki akhlak, perbaiki diri, perbaiki hidup. Yakinlah kalau semua itu telah dilakukan anak-anak sekalian akan menjadi pribadi yang berguna.” sambung Ustad Solihin.

Diakhir cermahnya, Ustad Solihin mengajak seluruh Andikpas untuk bersuka cita dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang telah di depan mata. Sambut Ramadhan dengan suka cita. Jalani puasa dengan sebaik-baiknya sehingga memiliki nilai di mata Allah SWT.

”Semoga kita semua mampu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Amin Amin Ya Rabbal Alamin.” tutup Ustad Solihin.

Kepala LPKA Kelas I Palembang Hamdi Hasibuan mengatakan bahwa peringatan Isra Mi’raj merupakan momentum bagi semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi melalui peningkatan ibadah. ” bahwa perintah untuk shalat lima waktu diterima Nabi Muhammad SAW pada saat Isra Mi’raj sehingga dapat kita pahami bahwa betapa pentingnya shalat wajib lima waktu bagi kita.” ujar Hamdi.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto berharap Andikpas LPKA Kelas I Palembang menjadi insan yang berguna bagi masyarakat.

“Jadikan masa pembinaan ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Isi hari-hari dengan berbagai kegiatan positif sehingga ketika selesai menjalani masa pembinaan nanti menjadi pribadi yang memberi nilai positif bagi masyarakat.” kata Bambang.

Hadir dalam kegiatan tsb Kepala Rutan Kelas I Palembang ,Bistok Oloan Situngkir, Kepala Rupbasan Kelas I Palembang Parulian Hutabarat, Perwakilan Kemenag Kota Palembang, Perwakilan Yayasan Khasanah Kebajikan, serta Perwakilan BSI Kenten II Palembang.