Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menghadiri kegiatan Launching Sinergi Pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan Satu melalui satu data, satu sistem kerja untuk Kemenkeu satu yang tepercaya. (Gedung Keuangan Negara Palembang, Jum’at, 18/3/2022)

Melalui sambutannya HD memberikan apresiasinya terhadap perhatian Kementerian Keuangan terhadap pelaku UMKM, khususnya diwilayah Sumatera Selatan melalui program sinergi pemberdayaan UMKM yang baru dilaunching.

“Saya bangga ternyata Kemenkeu memberikan perhatian khusus untuk pelaku UMKM yang ada di Sumsel. Semoga dukungan ini menjadi langkah baik bagi UMKM untuk meningkatkan nilai produk serta kualitasnya”, ungkap HD.

HD juga menyampaikan bahwa UMKM merupakan sektor ekonomi yang tidak terpengaruh bahkan menjadi pertahanan bagi ekonomi Indonesia ditengah masa Pandemi Covid – 19.

Selain itu HD mengatakan bahwa ada 3 (tiga) modal penting yang harus dilakukan oleh pemerintah dan instansi lainnya dalam membantu umkm yaitu Modal, Pelatihan dan Pemasaran.

“Ketiga hal ini saya harap Kemenkeu Satu dapat menerapkan hal tersebut agar dapat membantu dan mengembangkan pelaku UMKM secara maksimal”, tutur HD.

Sementara itu, Wakil Kementerian Keuangan RI, Prof. Suahasil Nazara, SE., M.Sc, PH.d menjelaskan bahwa Kemenkue Satu merupakan tekad dari Kementerian Keuangan untuk dapat bersinergi dan bersatu dalam memberikan kemajuan bagi negeri.

“Saya harap Gubernur Sumsel dapat memberikan pemahaman kepada publik tentang penggunaan APBN. Karena Sumsel termasuk pilot project yang harus memberikan keterangan pers konference setiap bulannya tentang pelaksanaan APBN di Provinsi Sumsel”, ungkapnya.

Turut hadir Sekjen Kemenkeu RI, Heru Pambudi, Dirjen BEA dan Cukai, Askolani, Staf Ahli Penerimaan Negara, Oza Olavia, Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi, Sudarto, Staf Ahli Bidang Jasa Keuangan dan Pasar Modal, Suminto, Staf Ahli Pengeluaran Negara, Made Arya Wijaya, Para Bupati dan Walikota Se – Sumsel (Secara Virtual) dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.