Detak-Palembang.com Jakarta – Bupati Ogan Komering Ulu Timur, H. Lanosin, S.T., memaparkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Martapura Kabupaten OKU Timur. Jum’at 4 Maret 2022, bertempat Hotel Seraton Grand Jakarta Gandaria City, Jakarta.

Enos panggilan bupati OKU Timur ini memaparkan RDTR sejumlah Bupati dan walikota dan kabupaten lainnya dihadapan Plt. Dirjen Tata Ruang, Dr. Ir. Abdul Kamarzuki, MPM.

Martapura sebagai kawasan pusat pelayanan Pemerintahan, Perdagangan, Jasa, Pendidikan, Kesehatan serta kawasan Perkotaan yaitu Kota Martapura berbatasan dengan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) yang direncanakan akan bertaraf internasional yaitu Objek Militer Baturaja (OMIBA).

Kemudian untuk mengoptimalkan simpul transportasi umum dengan adanya perlintasan Stasiun Kereta Api dan Jalan Lintas Tengah Sumatera yang berada di perkotaan Martapura, serta adanya rencana pengembangan kawasan peruntukan industri di Desa Keromongan.

Di Kabupaten OKU Timur saat ini investasi usaha mulai berkembang seperti sektor perdagangan dan jasa sektor properti dan sektor pergudangan.

Penataan RDTR wilayah perencanaan kawasan perkotaan Martapura 2022-2042 bertujuan untuk mewujudkan kawasan perkotaan Martapura sebagai pusat pelayanan pemerintahan dan sosial ekonomi, sentra industri serta simpul transportasi yang maju, terintegrasi berkualitas lestari dan berwawasan lingkungan. * (rel)