Detak-Palembang.com – Jakarta , PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation memberikan dukungan dana pendidikan untuk 82 putra-putri prajurit TNI berprestasi dengan pangkat orang tua maksimal Perwira Pertama. Dukungan dana pendidikan dalam bentuk uang tabungan ini diberikan kepada 24 putra-putri di Biak, Papua dan 58 putra-putri di Sumatera Selatan dengan nilai 485 juta rupiah. 

Penyerahan uang tabungan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diikuti secara serentak dari masing-masing wilayah Kodam, Kodim, dan Korem. Penyerahan untuk putra-putri prajurit TNI Sumatera Selatan dilakukan di Kodam II/Sriwijaya dan Korem 173/PVB untuk putra-putri prajurit TNI Biak, Papua. 

“Selamat untuk Bapak Ibu dan putra-putrinya yang berprestasi sudah terpilih untuk menerima dukungan pendidikan. Ini menjadi kesempatan emas untuk terus belajar, tambah rajin, dan ketika lulus bisa lebih berhasil dari orang tuanya,” ucap Andika, Kamis (24/02/2022). 

Terdapat kenaikan kuota dana pendidikan dari tahun 2020 sebanyak 1593 mahasiswa menjadi 1775 mahasiswa di tahun 2021. Erick mengatakan kenaikan ini menjadi bukti kalau anak-anak TNI punya kelas dan kemauan untuk maju. 

“Saya berharap program dukungan pendidikan ini terus berjalan karena anak-anak TNI terbukti punya kelas dan kemauan untuk maju. Oleh karena itu, kami terbuka untuk kerja sama berikutnya untuk putra-putri TNI terbaik ini seperti program magang di BUMN,” kata Erick Thohir. 

Program dana pendidikan dilakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan-perusahaan milik negara terhadap tanggung jawab bela negara yang dibebankan kepada anggota TNI serta upaya BUMN untuk terus mendukung dalam peningkatan kualitas pendidikan agar dapat menghasilkan generasi muda yang unggul. 

“Upaya bela negara yang telah dilakukan oleh para anggota TNI perlu diapresiasi salah satunya dengan memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Oleh karena itu, CSR PT Pertamina (Persero) dan Kementerian BUMN turut memberikan dukungan dana pendidikan dengan harapan mereka bisa menjadi generasi muda yang berkualitas dan membanggakan,” tutup Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari