Detak-Palembang.com MARTAPURA – Kepengurusan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten OKU Timur Masa Bakti 2022 – 2026 Resmi dilantik. Pelantikan dilakukan di Balai Rakyat Setda OKU Timur Rabu, 09 Februari 2022.

Kepengurusan KORMI OKU Timur sendiri dilantik langsung oleh Ketua KORMI Provinsi Sumatera Selatan Hj. Samantha Tivani HD, B.Bus., M.IB., yang disaksikan langsung oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., dan Wakil Bupati OKU Timur yang juga Wakil Ketua III KORMI Sumsel H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Timur Jumadi, S.Sos. beserta Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur dan tamu undangan lainnya.

Pelantikan ini ditandai pembacaan surat keputusan KORMI Provinsi Sumatera Selatan yang dilanjutkan pelantikan serta penyerahan Bendera Pataka dari Ketua Umum KORMI Sumsel ke Ketua Umum KORMI OKU Timur dan Penandatanganan Berita Acara Pelantikan.

Struktur kepengurusan yang dilantik dengan masa bakti 2022 – 2026 yakni Ketua Umum Dwi Seva Prastio, S.Pd., Wakil Ketua I Himawan Bastari, M.Pd., Wakil Ketua II Diana Ekasari, S.Pd., Wakil Ketua III Rizki Maryansyah, S.H., Wakil Ketua IV Geomi Pramayudha Basmark, Sekretaris Umum Fery Ardianto, S.Pd., Wakil Sekretaris Sandi Poga, S.Pd., Dian Andriani, S.E., M.Si., dan M. Ridho Pranatama serta Bendahara Afrisandi Arba, S.Or., dan Wakil Bendahara Mas’ud Abid, M.Pd.

Ketua KORMI OKU Timur yang baru dilantik Dwi Seva Prastio, S.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa KORMI bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk mendapatkan bibit-bibit atlet agar bisa mengikuti event FORNAS yang akan diselenggarakan di Sumatera Selatan.

“Dalam waktu dekat ini kami akan membentuk induk-induk organisasi di bawah naungan KORMI, dengan adanya olahraga rekreasi kami bisa membantu mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia,” Ujar Seva sapaan akrabnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua KORMI Sumatera Selatan Sasha mengatakan akan ada tugas berat yang sudah menanti pengurus KORMI OKU Timur yang baru dilantik. Pada era sekarang ini sudah banyak masyarakat khususnya anak-anak dan remaja yang tidak mengetahui permainan tradisional, ini dikarenakan mereka menyibukkan dengan gadget masing-masing.

“Masih ada orang tua yang takut anaknya menjadi kotor, ini menjadi salah satu tugas berat KORMI bagaimana memasyarakatkan lagi permainan tradisional, mungkin dapat dilihat dari tingkat SD, sehingga anak-anak sudah terbiasa dengan bergerak dan bugar di usia dini. Saya berharap ada permainan tradisional yang dimiliki setiap daerah dan akan kita angkat ke tingkat nasional yang memiliki kearifan lokal,” Ujar Sasha.

Sasha melanjutkan, bahwasanya Provinsi Sumatera Selatan akan menjadi Tuan Rumah FORNAS Ke-6 dan Bapak Gubernur Sumsel meminta secara khusus dengan saya untuk menjadikan event ini menjadi yang terbaik dari sebelumnya.

“FORNAS di Sumatera Selatan ini harus menjadi penyelenggaraan terbaik dari sebelumnya, karena Gubernur H. Herman Deru meminta langsung dengan Presiden RI Joko Widodo untuk membuka langsung FORNAS Ke-6 Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., dalam arahannya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya kepengurusan KORMI Kabupaten OKU Timur, Enos sapaan akrabnya meminta kepada kepengurusan KORMI OKU Timur untuk merekap apa saja yang menjadi potensi di Kabupaten OKU Timur.

“Pencak Silat di OKU Timur tersebar banyak di setiap daerah, saya inginkan ini bisa jadi Cabor, banyak sekali olahraga rekreasi yang ada di Kabupaten OKU Timur, saya berharap banyak Cabor yang bisa dikembangkan di OKU Timur ini,” Ujar Enos.

Enos juga mengatakan OKU Timur harus memiliki persiapan minimal t & c dan dibicarakan atlet mana saja yang bisa dikirim dalam event nasional tersebut agar atlet OKU Timur mampu menjadi atlet dan menambah pengalaman dari event tersebut. *