Detak-Palembang.com – Palembang , Launching harga pasar yang dilakukan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) berupa  minyak goreng kemasan murah Rp14.000,-/Liter sebanyak 52 Ton Liter dan Beras Medium Rp9.000,-/Kg sebanyak 60 Ton yang dilaksankan di Pasar Alang – Alang Lebar Palembang. (Rabu, 12/1/2022)

“Ini dilakukan agar masyarakat lebih cepat mengetahui akan kebijakan dan langkah yang diambil oleh pemerintah dalam rangka mengontrol dan menstabilkan harga kebutuhan pokok penting yang ada di pasar” jelas HD.

HD juga menilai meskipun harga tertinggi akan kebutuhan pokok telah ditetapkan, tentunya hal ini harus dilakukan pengawasan agar kebijakan tersebut memang benar – benar diterapkan dilapangan atau dipasar.

“Saya ingatkan kepada seluruh pengusaha kelapa sawit, pemilik perusahaan gula dan Bulog untuk dahulukan kepentingan daerah agar tidak terjadi kelangkaan. Kita juga harus pikirkan rumah tangga yang berpenghasilan rendah, jika perlu kita harus membuat kebijakan subsidi khusus bagi mereka”, tegas HD.

Selain itu HD juga memberikan edukasi terhadap masyarakat pengunjung pasar khususnya ibu – ibu rumah tangga untuk dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan pokok seperti cabai, bawang dan lainnya yang dapat dihasilkan secara mandiri, “ini juga merupakan bentuk dukungan masyarakat dalam mensukseskan sumsel mandiri pangan”, tutur HD.

Menutup sambutannya HD meminta agar kuota beras medium dapat lebih diperbanyak. Terkait beras bervitamin untuk bayi, ia meminta agar beras tersebut dapat diberikan secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu yang memiliki bayi guna mencegah stunting.

Sementara itu Ka. Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Drs. H. Akhmad rizali, MA menyampaikan selain menyediakan beras dan minyak dengan harga murah, Pihaknya juga menyediakan Gula dengan harga Rp12.500/KG sebanyak 1 ton yang akan dijual dibeberap titik pasar di Sumsel.

Turut hadir Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel, Harry Widodo, Direktur Utama PD Pasar, Abdul Rizal, Kepala BPS Prov. Sumsel, Dr. Ir. Zulkipli, M.Si, serta Para Kepala OPD Prov. Sumsel..