Detak-Palembang.com – Palembang , Sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan, Pemerintah Kota Palembang dan BBPOM kembali melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah apotek.

Kali ini, giliran dua apotek besar yang disidak, Rabu (12/1/2022). Yakni Apotek Maggha Mulia dan Apotek Dempo, yang lokasinya berdekatan, di Jalan Dempo.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda dan Kepala BBPOM Palembang, Martin Suhendri, turun langsung saat sidak itu.

Fitrianti mengatakan, sidak berkaitan dengan pemantauan keamanan sejumlah obat yang dijual, baik dari kemasan, tanggal kedaluwarsa ataupun adanya klaim obat yang berlebihan.

“Hari ini ada Apotek Maggha Mulia dan Apotek Dempo yang kita kunjungi. Dari hasil tinjauan, kami tidak menemukan obat-obat yang melewati kedaluwarsanya,” ujar Fitrianti.

Meski begitu, Wawako dan BBPOM juga menemukan beberapa suplemen yang masa izinnya sudah melewati batas dan kedaluwarsa.

“Untuk temuan seperti ini bisa kita lakukan pembinaan.”

Temuan lain, ada beberapa obat dengan klaim yang dinilai terlalu berlebihan atau tidak sewajarnya.

“Padahal kandungan di dalamnya tidak begitu hebat seperti klaimnya. Hal-hal seperti itulah yang saat ini kami temukan. Kita sudah sampaikan dan akan kita adakan pembinaan.”

Fitrianti menambahkan, pemerintah akan terus memantau obat-obatan di apotek. Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Teruslah jaga obat-obatnya, sehingga tidak melewati masa kedaluwarsa, dan jangan sampai mengandung hal-hal yang berbahaya. Bahkan takutnya yang mengkonsumsi tadi malahan timbul suatu penyakit,” pesan Fitrianti kepada pemilik dan pengelola apotek. (*)