Detak-Palembang.com – BATURAJA – Sekda Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Achmad Tarmizi menghadiri acara Pelepasan Mahasiswa KKN Angkatan XXVIII Tahun 2022 Universitas Baturaja di halaman Universitas Baturaja (Unbara), Selasa (4/01/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unbara Ir. Lindawati MZ, MT mengungkapkan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-28 ini bisa dilaksanakan berkat kerja sama Pemerintah Kabupaten OKU bersama Universitas Baturaja untuk memperdalam ilmu yang mereka miliki selama proses belajar di kampus Unbara ini.

Dijelaskan Rektor Unbara, kegiatan KKN ini tersebar di kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten OKU dan diikuti 475 mahasiswa dari seluruh Fakultas yang ada di Unbara.

Sementara itu, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC) menjelaskan, Kuliah Kerja Nyata adalah bagian dari rangkaian kegiatan akademis yang harus diikuti oleh setiap mahasiwa menjelang akhir perkuliahan.

“Untuk itu, kuliah kerja nyata ini harus kita pandang sebagai materi kuliah yang sangat penting, karena bisa memahami wadah pembelajaran yang sesungguhnya dengan metode yang lebih aplikatif dan langsung berhadapan dengan dinamika masyarakat yang sangat kompleks,” papar Sekda OKU.

Ditambahkan Sekda, jika selama beberapa semester perkuliahan, mahasiswa belajar teori dan menganalisa berbagai persoalan melalui kajian atas konsepsi ilmu pengetahuan dan hasil pengamatan sekilas, maka dalam KKN nantinya akan mempraktekkan, melihat langsung, merasakan, berperan aktif, dan sekaligus turut menentukan keputusan terhadap semua hal yang ditemui dan dijadikan objek pembelajaran tentang konsep dasar pengetahuan yang lebih jelas dan nyata.

“Bermanfaat untuk memperkaya wawasan dan pengalaman selaku bagian penting dari elemen masyarakat,” imbuhnya lagi.

Menurut Sekda OKU, dalam kaitan ini, perlu kita fahami bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Secara ideal, penyelenggaraan KKN seyogianya dapat menjangkau tiga sasaran utama. Pertama, sebagai wahana pembelajaran bagi para mahasiswa (peserta KKN) untuk mengaplikasikan berbagai teori yang diperolehnya selama dalam perkuliahan.

Kedua, KKN dapat memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Ketiga, KKN merupakan media untuk membangun kemitraan antara lembaga Perguruan Tinggi yang bersangkutan dengan masyarakat, termasuk didalamnya sebagai upaya untuk membangun citra sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang promosi Perguruan Tinggi yang bersangkutan, yang dalam hal ini adalah Universitas Baturaja (Unbara) sebagai perguruan tinggi kebanggaan Kabupaten OKU.

Acara pelepasan Mahasiswa KKN dilanjutkan dengan pemakaian atribut KKN oleh Sekda OKU Achmad Tarmizi kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN Unbara dan penandatangan Berita Acara Pelepasan Mahasiswa KKN Unbara Oleh Rektor Unbara Lindawati MZ kepada Sekda OKU Achmad Tarmizi.
(Prokom Kab OKU/Red)