Detak-Palembang.com – BATURAJA – Plh. Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten OKU. Apel kesiapan tersebut di halaman Polres OKU yang diikuti 200 orang gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, Sinkom, sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas), dan jajaran Muspida, Jum’at (31/12/2021).

Dalam pengarahannya, Plh. Bupati OKU Edward Candra menyampaikan tentang kesiapan petugas gabungan dalam mengamankan lokasi dan tempat berkumpulnya masyarakat di pada setiap even acara pergantian tahun 2021/2022.
“Perlu adanya kerja sama yang baik dalam penanganan kepatuhan protokol kesehatan dengan berpegang pada prinsip 4M pada giat masa transisi menuju Masyarakat sehat dan produktif,” ungkap Plh. Bupati OKU.

Sementara itu, Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo, S.I.K juga mengingatkan agar anggota lebih meningkatkan pengamanan diri sendiri dan orang lain pada setiap pelaksanaan kegiatan “Operasi Lilin Musi” guna mencegah penyebaran penularan Covid-19 jelang malam pergantian tahun serta antisipasi pengamanan wilayah.

Terkait penerapan protokol kesehatan yang diperketat, tidak lain untuk mencegah penyebaran penularan Covid-19, termasuk mencegah terjadi kluster baru saat malam pergantian Tahun di beberapa lokasi jalan protokol maupun tempat hiburan.

“Kita tidak mau ada kluster baru pada malam pergantian tahun baru. Kami berharap kerja sama yang baik antara petugas gabungan dengan warga masyarakat. Pada malam tahun baru ini untuk tidak ada konvoi kendaraan, tidak pergi ke lokasi yang biasa digunakan untuk perayaan malam tahun baru, dan tidak ada kegiatan pesta kembang api. Kami berharap untuk pergantian tahun baru di rumah saja,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Kodim (Dandim) 0403/OKU Letkol Inf Ferizal R, SIP juga menegaskan, bahwa kegiatan pengamanan malam pergantian tahun ini, petugas gabungan bekerja secara profesional dan memahami prosedur. Menurut Dandim 0403, hal utama adalah menjaga keamanan dan kesehatan diri sendiri selama pelaksanaan tugas, agar aman untuk keluarga dan orang lain.

Selesai Giat apel, Kasatpol PP Kab. OKU memploting giat pasukan gabungan untuk pelaksanaan pengamanan menempati pos dan melakukan patroli skala besar. “Apabila ada kedapatan kerumunan, petugas gabungan secara humanis membubarkan orang yang berkerumun atau berkumpul dengan tujuan agar warga masyarakat aman tidak terpapar Covid-19, diutamakan lebih baik merayakan malam pergantian tahun baru di rumah saja,” imbuh Kasatpol PP Kab. OKU.