Detak-Palembang.com MUARADUA – Objek Wisata Danau Ranau menjadi salah satu daya tarik kuat bagi wisatawan untuk datang ke Kabupaten Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS). Pasalnya, kawasan wisata ini tak sekadar menyajikan keindahan danau melainkan juga terdapat Gunung Seminung dan sejumlah destinasi wisata lainnya.

Hal ini, kata Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Selatan, H Romzi, S.E., M.Si., patut disyukuri dan harus dikelola dengan baik sehingga memberikan banyak manfaat baik untuk Kabupaten OKU Selatan maupun masyarakatnya.

“Ini patut kita sukuri karena dampaknya luar biasa, khusunya untuk perekonomian masyrakat. Untuk itu agar semua pihak bekerjasama melakukan pengelolaan ini dengan baik untuk meningkatkan PAD kita setiap tahunnya,” katanya saat memimpin rapat di Ruang Rapat Sekda OKU Selatan, Selasa (11/01/2022).

Menurutnya, Kabupaten OKU Selatan sebagai ‘tuan rumah’ harus memberikan wisata yang aman dan nyaman bagi pengunjung. “Bagaimana agar pengunjung nyaman dan akan kembali datang ke Danau Ranau, karena ini memiliki masa depan yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Pemerintah daerah, tegas Sekda, dalam hal ini sudah berupaya semaksimal mungkin dan juga dibantu oleh Provinsi untuk meningkatkan Wisata Danau Ranau melalui event-event yang digelar setiap tahunya.

Dalam Rapat Penyusunan Perencanaan Pencapaian Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sektor Pariwisata Tahun Anggaran 2022 di Ruang Rapat Sekda tersebut, Kepala Bapenda Kabupaten OKU Selatan, Drs. Linkulin, M.M., memaparkan, retribusi dari destinasi wisata di Kawasan Danau Ranau memang perlu lebih dioptimalkan untuk menyerap pendapatan asal daerah seperti retribusi parkir, Parita Pusri, Pantai Pelangi, Wisata Air Terjun Subik Tuha dan lainnya.