Detak-Palembang.com MUARADUA – Komisi III DPRD OKU Selatan menggelar Rapat Dengar Pendapat terkait masalah pungutan Pengelolaan Parkir dan Sampah di Wilayah Pariwisata Danau Ranau, Senin (10/01/2022) di ruang Rapat Komisi III DPRD OKU Selatan.

Dalam kesempatan itu, dikatakan Anggota Komisi III DPRD OKU Selatan, Windya Alhadipuro, S.E., bahwa agar semua pihak dapat bekerjasama dalam menyelesaikan hal ini sehingga tak terus berlanjut.

“Kesalah pahaman dan kurangnya koordinasi ini harus diperbaiki dan diselesaikan, apabila kinerja karyawan di lapangan tidak bisa diperbaiki maka OPD jangan takut mengambil keputusan jika itu baik untuk memajukan OKU Selatan ke depannya,” katanya.

Menanggapi masalah ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKU Selatan, Umar Safari, S.ST., menyampaikan bahwa pihaknya segera menindaklanjuti masalah ini di lapangan. Dikatakannya, pada tahun 2021 lalu, pihak DLH OKU Selatan telah menempatkan petugas di tempat-tempat wisata di Kawasan Danau Ranau seperti Pantai Pelangi, Pantai Bidadari, Ikon Danau Ranau dan lainnya, termasuk kordinatornya di masing-masing spot dan untuk tahun ini akan segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dugaan ini.

Ditambahkan Anggota DPRD OKU Selatan lainnya, Doris Novalia, bahwa agar pemungutan sampah tidak hanya yang ada di pinggir jalan saja, melainkan masuk ke desa-desa rumah tangga sekitar. “Permasalahan sampah ini memang tidak pernah selesai tapi kita coba bersama untuk menyelesaikannya, untuk dinas terkait agar turun sehingga jangan lagi ada masalah perebutan terkait karcis, parkir, sampah dan apapun itu yang sifatnya negatif,” teagasnya.

Dalam rapat tersebut juga disepakati bahwa pengelolaan Wisata Danau Ranau, Pemandian Air Panas, Air Terjun Sumi dan lahan parkir Pantai Pelangi sepakat untuk membenahi termasuk penertiban terkait karcis yang akan dicetak oleh Bumdes khususnya untuk Pantai Pelangi.

Turut hadir dalam rapat tersebut Perwakilan Komisi II,Kepala Bapenda dan Kabid yang membidangi, Kadin Parbud dan Kabid yang membidangi, Kadishub dan Kabid yang membidangi, Kadin LH dan Kabid yang membidangi serta tamu undangan lainnya.