Detak-Palembang.com – Palembang , Pemerintah Kota Palembang akan menggelar Festival Sungai Sekanak-Lambidaro tanggal 29 hingga 30 Januari 2022 mendatang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, festival ini salah satu upaya pemerintah kota memperkenalkan sungai sebagai destinasi wisata.

“Festival ini kerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWS) VIII,” kata Harnojoyo, Selasa (18/1/2022).

Satu rangkaian dengan festival itu, akan dilakukan pula peluncuran atau launching Sekanak-Lambidaro yang telah selesai untuk ruas PIM-26 Ilir.

Harnojoyo mengatakan,`selain sebagai sarana pengendali banjir, restorasi sungai sekanak -lambidaro juga untuk memberikan edukasi agar masyarakat pun tidak membuang sampah sembarangan dan mencintai sungai.

“Nantinya kita juga akan gelar festival sungai-sungai lainnya. Seperti festival Sungai Bendung dan lainnya.”

Harnojoyo mengajak dan mengharapkan masyarakat Palembang andil menyukseskan festival ini, sekaligus sebagai gerakan bersama mendukung destinasi dan mencintai sungai sebagai salah satu kekhasan Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin, mengatakan, festival Sekanak-Lambidaro sebagai upaya mengedukasi masyarakat menjaga kebersihan sungai.

Ia juga mengatakan, festival sungai jadi salah satu fokus Dinas Pariwisata tahun ini.

“Kita mulai dari program festival Sungai Sekanak-Lambidaro, dan puncaknya pada festival Sungai Musi. Harapan kita, dengan rangkaian festival sungai ini semakin banyak wisatawan yang datang ke Palembang,” ujar Sulaiman. (*)