Detak-Palembang.com BELITANG – Perayaan Hari Jadi Kabupaten OKU Timur yang ke-18 sangat meriah dengan adanya perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur. Dalam rangkaian perlombaan terdapat satu lomba yang sangat menarik untuk diikuti dan disaksikan oleh masyarakat Kabupaten OKU Timur yaitu Perlombaan Hadroh.

Hadroh merupakan kesenian rebana yang mengakar pada kebudayaan Islam yang sering disebut sebagai kegiatan syiar melalui syair. Perlombaan Hadroh sendiri diikuti oleh 23 peserta dari perwakilan 4 Kecamatan di Zona 3.

Adapun masing-masing peserta perlombaan hadroh mewakili Kecamatan Belitang, Belitang Madang Raya (BMR), Belitang III dan Belitang Jaya. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Koni Belitang. Jum’at (14-01-2022).

Perlombaan Hadroh sendiri merupakan perlombaan yang wajib diselenggarakan dalam memperingati HUT Kabupaten OKU Timur. Untuk lagu yang diwajibkan Al- Qulbu Mutayyam. Kegiatan perlombaan hadroh dibuka langsung oleh Ketua Panitia Hadroh, yaitu KUA Belitang Drs. Betri Juhandri S.H, M.pd.I. Dalam lomba ini, penilaian juri ditekankan pada Vokal, Penampilan dan Instrumentasi.

Bagi peserta terbaik, akan mendapatkan beberapa hadiah yang telah disiapkan dari pihak sponsor, yaitu Bank SumSel Babel yang ikut mendukung dalam memperingati Hari Jadi OKU Timur.

Acara puncak rangkaian HUT Kabupaten OKU Timur ke-18 sendiri akan dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Timur yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Diskominfo OKU Timur pada tanggal 17 Januari 2022 pukul 09.00 WIB.